Cari Tahu Kepribadianmu Lewat 7 Mata Pelajaran Ini | OPINI.id
Cari Tahu Kepribadianmu Lewat 7 Mata Pelajaran Ini

Beragamnya manusia yang ada di muka bumi ini membuat adanya perbedaan yang dimiliki setiap individu. Setiap individu pastinya juga memiliki mata pelajaran favorit di sekolah.

Entah dikarenakan suka dengan materi yang dipelajari atau sekadar mengagumi sang guru. Tapi, tahu nggak sih ternyata mata pelajaran dapat mengungkapkan kepribadian seseorang. Nggak percaya? Yuk, kita simak penjelasannya.

1. Bahasa Indonesia

Kalau kamu suka Bahasa Indonesia, berarti kamu tipe orang yang romantis. Oh ya? Hal itu dikarenakan biasanya orang yang suka pelajaran Bahasa nggak jauh-jauh dari yang namanya novel atau sastra. Dengan begitu kamu jadi pintar merangkai kata-kata dan jadi orang romantis.

Selain itu, kamu bisa menyampaikan gagasan, baik lisan atau tulisan, kamu juga pintar berdebat. Sebab, kamu selalu punya kalimat jitu yang bisa dilontarkan ketika berkomunikasi dengan orang lain. Kamu juga termasuk orang yang mencintai budaya lokal, lho.

Kamu mungkin belum mengetahui suatu fakta, bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa tersulit ke-3 di Asia dan ke-15 di dunia. Hal tersebut dikarenakan Bahasa Indonesia mempunyai kekayaan dan keindahan etimologi yang khas.

Tanpa disadari, ketika kamu menyukai mata pelajaran Bahasa Indonesia ternyata kamu sudah menjadi salah satu individu yang ikut serta dalam melestarikan budaya Bahasa ibu.

2. Bahasa Inggris

Kamu suka mata pelajaran Bahasa Inggris? Bukan berarti kamu enggak cinta dengan Bahasa ibu. Dengan kamu suka mata pelajaran Bahasa asing dapat menunjukkan kamu senang mempelajari hal-hal baru di luar zona nyaman. Kamu memiliki kepribadian berani bereksplorasi, senang dengan tantangan, dan petualangan.

Mungkin kamu juga memiliki pengetahuan yang lebih luas dibanding orang lain, karena kamu juga membaca info-info yang terdapat di luar negeri. Jadi enggak heran kalau suatu hari ada orang yang berkata, "Kok kamu tahu kejadian itu? Itu kan kejadiannya di luar negeri!"

Sering kali individu yang menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris memiliki sifat yang open minded dengan hal-hal baru yang akan ditemui. Apa kamu salah satu orang yang selalu up to date dengan film atau lagu baru Hollywood? Nggak heran deh, karena bisa jadi itu salah satu sarana kamu dalam mempelajari Bahasa Inggris.

3. Olahraga

Kamu penyuka olahraga pasti punya jiwa yang kompetitif dan spontan. Selain ingin menjadi yang nomor satu dalam bidangnya, kamu juga ingin menjadi orang yang menonjol di antara yang lainnya.

Perlu diketahui bahwa individu yang menyukai olahraga akan menggunakan otot dan otaknya secara seimbang dalam memecahkan masalah. Seperti halnya ketika kamu sedang main basket, sepak bola atau cabang olahraga lainnya yang tidak hanya membutuhkan otot melainkan otak untuk membuat strategi terbaik.

Kalian para penyuka olahraga juga selalu optimis dan tangguh dalam menghadapi kehidupan. Hal itu dikarenakan jiwa kalian yang bebas dan tidak gampang stres.

4. Seni

Apakah ada di antara kalian yang menyukai mata pelajaran seni? Para penyuka pelajaran satu ini biasanya memiliki sifat yang sulit ditebak. Terkadang jika mood sedang baik, kalian pun bisa jadi ceria. Tapi, kalau mood sedang tidak baik, jangan harap bisa nyambung ketika diajak komunikasi, ya.

Kamu senang dengan keindahan dan estetika. Tidak hanya lukisan dan gambar, melainkan juga musik. Kamu memiliki jiwa yang bebas dan tidak mau terikat dengan komitmen yang serius. Tapi biar begitu, kamu juga terkenal hangat, romantis, dan memiliki gaya yang unik dalam mencari kesenangan.

5. Matematika

Kalau kamu salah satu individu yang menyukai mata pelajaran matematika, bisa dipastikan kamu mempunyai sifat yang sangat teliti. Karena kalau kamu enggak teliti, pasti kamu akan salah terus dan mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal matematika.

Tidak hanya memiliki sifat teliti, kamu juga pekerja keras. Kamu selalu mau menyelesaikan apa yang sudah dimulai.

6. Sejarah

Orang yang suka pelajaran Sejarah bukan berarti orang yang susah move on, ya. Kamu yang penyuka Sejarah pasti sangat menghargai dan menghormati budaya.

Kamu juga orang yang bisa menghargai apa yang kamu dapatkan saat ini. Sebab bagimu, pengalaman adalah pelajaran dan guru yang paling berharga.

Yang pasti, kamu punya wawasan lebih luas dibanding yang lain karena kamu rajin mencari tahu. Kamu selalu mau tahu akar permasalahan, sehingga saat menghadapinya di dunia nyata, kamu jadi nggak asal-asalan dalam memecahkan masalah. Kamu pasti akan kepo dulu sampai ke akar-akarnya.

7. Kimia

Sebagai penyuka Kimia, pasti kamu senang bereksperimen dan mencoba penemuan baru. Kamu senang dengan detail hal-hal yang kecil dan rumit. Soalnya, di pelajaran Kimia biasanya membutuhkan detail yang seksama kalau mau hasilnya benar.

Biasanya kamu yang penyuka Kimia adalah orang yang perfeksionis dan penuh pertimbangan. Kamu nggak akan sembarangan mengambil langkah saat melakukan sesuatu. Kamu yang suka Kimia biasanya nggak betah melihat kesalahan, meskipun hanya secuil.

Wah, nggak nyangka ya, ternyata pelajaran favorit dapat menentukan tipe kepribadian kita. Kalau kamu, pelajaran apa yang kamu favoritin banget di sekolah?

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/kamu-tipe-anak-sekolah-yang-mana-sih-yuk-cari-tahu-berdasarkan-8-mata-pelajaran-ini/

Penulis: Rosalia

Komentar

Fresh