5 Hal yang Wajib Backpacker Persiapkan Sebelum Berangkat | OPINI.id
5 Hal yang Wajib Backpacker Persiapkan Sebelum Berangkat
Buat kamu yang ingin melancong ke kota atau negara impian, backpacker dapat menjadi opsi yang tepat. Liburan ala backpacker saat ini semakin mudah karena didukung kemudahan teknologi seperti dalam memesan tiket pesawat, tiket hotel, hingga tiket tempat hiburan.
 
Kamu tidak perlu keliling seharian untuk mencari hotel atau penginapan murah, semuanya sudah tersedia lengkap dan dapet diakses online dari gawai kamu.
 
Tapi, sebelum memulai perjalanan liburan ala backpacker, kamu sebaiknya menyiapkan beberapa hal berikut ini:
 
1. Perencanaan yang Matang
Bagi seorang yang ingin melakukan perjalanan Backpacker, perencanaan adalah sesutu yang penting dan mutlak dilakukan. Karena, ini adalah titik awal dari semua petualangan di lokasi yang kemungkinan belum pernah dikenal oleh seorang backpacker.
 
Perencanaan yang matang tidak hanya memberikan latar belakang lokasi yang akan dituju akan tetapi juga bekal pengetahuan untuk menghadapi permasalahan yang kemungkinan terjadi. Apalagi, hal-hal di luar perencanaan kamu sendiri.
 
Kamu perlu menyiapkan persyaratan administratif, seperti pasport, perlu visa atau tidak, bagaimana mengurus visa, bagaimana persyaratannya, travel insurance, mata uang, surat izin dan lain-lain sampai hal yang terpenting seperti budget: tiket, transportasi selama backpacker, penginapan, makan, keperluan sehari-hari.
 
Kemudian sumber pendanaan: berapa banyak, dari mana sumbernya. Bagaimana kamu mengatur hal-hal ini adalah penentu kesuksesan perjalanan kamu nantinya.
 
2. Mengatur Administrasi Perjalanan
 
Menjadi backpacker harus pintar dalam manajemen perjalanan! Ini salah satu hal terpenting dalam melakukan perjalanan dengan budget yang rendah. Terbatasnya biaya dan waktu mengharuskan backpacker untuk melakukan pengelolaan atas biaya, waktu dan kebutuhan secara cermat dan tepat serta hemat.
 
Mengapa ini penting? Nah, kita mulai dari tiket. Biaya tiket yang murah biasanya bisa dibeli pada saat promo atau jauh-jauh hari. Untuk mendapatkan tiket promo, kalian harus rajin-rajin mengecek website maskapai penerbangan. Ada beberapa low budget airlines seperti Air Asia, Cebu Pacific, TigerAir, Jetstar yang sering menyediakan tiket promo atau tiket dengan harga yang murah untuk destinasi di Asia.
 
Kadang-kadang maskapai penerbangan besar pun melakukan promosi dengan harga spesial pada musim tertentu. Untuk memudahkan ada baiknya kalian subscribe airlines tertentu yang secara rutin mengirimkan newsletter. Biasakan untuk membaca term and condition ketika kalian akan membeli tiket. Ini penting jika seandainya kalian harus menunda perjalanan atau misalnya penerbangan tersebut dibatalkan.
 
3. Atur Efesiensi Waktu
Manajemen waktu menjadi penting apalagi kalau kalian memiliki kegiatan lain seperti bekerja atau sekolah. Melakukan perencanaan dan manajemen yang baik akan memberikan beberapa kemudahaan untuk melakukan perjalanan secara mudah, murah dan nyaman.
 
Sebagai contoh, pada saat liburan sekolah, harga tiket dan akomodasi biasanya cenderung akan mahal, tetapi sebaliknya pada saat musim masuk sekolah harga tiket dan akomodasi menjadi cenderung turun dan sangat murah.
 
Musim Panas (Summer) biasanya bukan saat yang tepat untuk melakukan traveling ke negara-negara dengan 4 musim, karena umumnya summer adalah puncak kepadatan untuk kegiatan travelling. Disisi lain, musim salju (winter) juga bukan saat yang tepat untuk dikunjungi, walaupun kemungkinan harga tiket murah, bagi orang yang belum terbiasa dengan cuaca yang dingin.
 
Demikian juga ketika negara yang dituju sedang ada turnamen besar seperti world cup atau olimpiade. Transportasi dan akomodasi akan naik harganya. Kondisi-kondisi ini akan berdampak pada biaya yang harus kalian keluarkan.
 
4. Atur Jadwal Perjalanan
Jadwal perjalanan adalah hal lain yang harus kalian persiapkan. Jadwal perjalanan akan yang teratur akan memberikan kemudahan bagi kalian dalam manajemen waktu dan biaya. Biasakan untuk menyusun jadwal perjalanan atau itinerary sebelum kalian berangkat. Buat daftar tempat yang akan dikunjungi.
 
Jika sempat coba cek lokasi melalui peta atau akses ke Google Maps. Dengan perencanaan jadwal yang baik, maka waktu dan biaya perjalanan kalian menjadi lebih efisien. Beberapa tempat wisata ada kemungkinan terletak pada satu lokasi dan berdekatan. Sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi.
 
5. Atur Barang Bawaan
Manajemen barang bawaan juga butuh perhatikan. Banyak maskapai penerbangan menerapkan peraturan low price ticket dengan catatan kalian dilarang membawa barang bawaan di bagasi, cukup hanya cabin bag saja atau carry-on bag only. Sehingga perlu memperhatikan ketentuan ini, jika kalian tetap ingin bepergian dengan biaya yang murah. Manajemen barang bawaan sangat berguna, terutama jika kalian banyak melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.
 
Semakin berat beban bawaan, semakin berat beban yang harus ditopang oleh tubuh. Tentukan apa yang akan dibawa dan berapa banyak, akan mempermudah kalian melakukan perjalanan secara nyaman. Ingat! Semakin banyak kalian membawa barang bawaan semakin banyak yang harus dijaga.
 
Bagaimana? Cukup mudah ya? Jadi, bagi kamu backpacker pemula tidak perlu takut mencoba asalkan sudah memahami apa-apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum berangkat ke destinasi tujuan. Jangan lupa ajak teman kamu lainnya biar liburanmu tambah seru!
 
 
Penulis: Sritopia
Komentar

Fresh