5 Trik Mudah Agar Belajar Lebih Efektif | OPINI.id
5 Trik Mudah Agar Belajar Lebih Efektif

Siapa di sini yang sedang sibuk-sibuknya belajar akhir-akhir ini? Tahu tidak kalau belajar serabutan itu tidak sepenuhnya baik? Belajar itu memang penting, tetapi sesuatu yang kamu kerjakan secara serampangan dan tidak efektif justru akan memberikan hasil yang tidak maksimal, termasuk belajar.

Ada juga tipe belajar efektif yang meskipun kamu lakukan sebentar namun hasilnya maksimal. Mau tahu caranya belajar yang baik dan efektif? Yuk, kita lihat panduannya di bawah ini!

1. Memutar Musik

Source: Unsplash

Salah satu cara untuk menciptakan suasana belajar yang baik adalah dengan menggunakan musik. Terutama musik-musik tanpa vokal, musik jenis tersebut akan membantumu berkonsentrasi dalam belajar. Hal tersebut bukan hanya mitos, lho!

2. Balajar di Pagi Hari

Source: Unsplash

Kalau kamu selalu merasa lelah dan mengantuk saat belajar di malam hari, maka hal tersebut adalah tanda dari badanmu agar kamu segera istirahat. Cobalah untuk bangun di jam empat atau lima pagi, sebelum kamu mandi untuk berangkat sekolah.

Sempatkan dirimu untuk membuka pelajaran dalam waktu 30 menit saja. Teknik belajar ini terbukti lebih efektif daripada kamu belajar hingga larut malam dan paginya malah merasa tidak fit.

3. Berada di Ruangan yang Senyaman Mungkin

Source: News.unl.edu

Untuk mengkondisikan suasana belajar, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cuaca. Kalau cuacanya sedang sangat panas dan kamu malah keringatan, sebaiknya kamu cari tempat yang lebih nyaman dan sejuk. Kalau cuaca panas dan kamu berkeringat, badan biasanya akan tidak mau diajak untuk berkonsentrasi.

Sebaiknya cari tempat-tempat yang teduh meskipun kamu sedang belajar di luar ruangan. Kalau badanmu nyaman, otomatis pelajaran akan semakin mudah terserap.

4. Say No to SKS!

Goconqr

Nah, yang satu ini adalah salah satu panduan yang sangat dasar. Kamu sebaiknya tidak belajar karena terpaksa atau karena keadaan mendesakmu untuk belajar. Cobalah untuk belajar dari sekarang, sehingga nanti kamu tidak terlalu bingung kalau akan ujian. Kamu juga tidak akan terbebani untuk belajar banyak hal dalam satu malam, sehingga badan dan otakmupun tidak akan terlalu bekerja keras.

Memang sih, kadang SKS atau Sistem Kebut Semalam adalah salah satu hal yang menjadi alternatif terakhir kamu saat belum belajar sama sekali. Sekali-kali boleh kalau memang kamu benar-benar harus melakukannya, tapi jangan terlalu sering melakukannya, ya!

5. Jangan Belajar di Kamar Terus, Sesekali Cobalah Belajar di Luar

Source: Lifed

Pernahkah kamu merasa sangat susah untuk berkonsentrasi bila berada di dalam ruangan, atau susah konsentrasi kalau harus diam di satu tempat dalam waktu yang lama? Bisa jadi karena memang kamu tidak bisa melakukannya, lalu bagaimana solusinya?

Cobalah untuk belajar di luar ruangan, atau di tempat-tempat yang ramai. Bagi sebagian orang, belajar di ruangan yang ramai itu justru akan membuyarkan konsentrasi, tetapi kamu yang tidak bisa belajar di tempat sepi justru akan merasakan manfaat sebaliknya.

Bagaimana? Tips mana menurutmu yang paling efektif? Kamu boleh share juga ya metode belajar yang efektif menurut kamu yang belum ada di atas. Selamat mencoba dan semangat ujian!

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/masih-malas-belajar-sudahkah-kamu-terapkan-hal-ini-pada-dirimu-sendiri/ 

Hayo ngaku, kalian tipe procastinator apa bukan?
Iya :')
Nggak dong!
86 votes

Komentar

Fresh