5 Fakta Unik Tentang Magnet | OPINI.id

Saat ini mudah sekali menemukan benda atau barang di sekitar kita yang memanfaatkan sifat magnet, seperti tempelan kulkas contohnya yang sering dijadikan oleh-oleh setelah kamu mengunjungi suatu tempat. Tapi, apakah kamu sudah pernah mendengar fakta-fakta yang berkaitan dengan magnet? Tahu kah kamu di mana magnet terkuat di alam semesta? Temukan fakta unik tentang magnet lainnya pada ulasan berikut.

1. Magnet yang Paling Kuat di Jagat Raya adalah Sebuah Bintang Bernama Magnetar

Magnetar adalah sisa dari bintang yang telah mati dan mengalami ledakan supernova. Jika dalam jarak yang dekat, magnetar cukup kuat, lho, untuk menghancurkan planet-planet kecil. Untung saja, menurut para peneliti, di jagat raya ini hanya terdapat sekitar belasan dari magnetar dan letaknya sangat sangat jauh dari Bumi.

2. Magnet Selalu Mempunyai Dua Kutub

Meskipun kamu memotong sebuah magnet menjadi dua, salah satu kutub tidak akan hilang pada potongan magnet itu. Sebaliknya, masing-masing potongannya nanti akan tetap memiliki dua kutub karena kutub utara dan selatan magnet akan terbentuk secara otomatis, lho! Nah, kutub-kutub yang dimiliki magnet inilah yang merupakan bagian dengan daya tarik paling kuat dari sebuah magnet.

3. Magnet yang Paling Besar di Bumi adalah Bumi Itu Sendiri

Bumi adalah sebuah magnet raksasa. Inti bumi mengandung besi dan dikelilingi oleh cairan panas yang menghasilkan daya listrik serta “menghidupkan” medan magnet di sekelilingnya. Akan tetapi, medan magnet Bumi memiliki kekuatan yang sangat kecil, kira-kira seribu kali lebih lemah dibandingkan dengan batang magnet yang kita ketahui. Tidak hanya Bumi, planet lain pun ada yang memiliki medan magnet, yaitu Saturnus, Jupiter, Neptunus, dan Uranus.

4. Magnet dapat Memengaruhi Binatang

Magnet telah digunakan peneliti untuk mempelajari pola komunikasi yang dimiliki lebah, siklus migrasi binatang, serta beberapa tingkah laku binatang. Ternyata, banyak binatang dapat merasakan kutub magnet. Contohnya, hiu yang menghindari salah satu jenis magnet bernama Neodymium serta burung dan penyu yang menggunakannya sebagai navigator.

5. Magnet dapat Kehilangan Sifat Magnetisnya

Apabila sebuah magnet ditempa, magnet tersebut dapat kehilangan sifat magnetisnya! Hal ini disebabkan karena molekul-molekul yang ada di dalamnya akan kehilangan susunan utara dan selatannya. Selain dengan ditempa, sebuah magnet juga dapat kehilangan sifat magnetisnya apabila dipanaskan dalam waktu lama. Wah! Ternyata ada banyak sekali fakta menarik magnet yang sering kita jumpai sebagai tempelan kulkas ya, dari lima fakta di atas ada berapa yang sudah kamu ketahui sebelumnya?

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/fakta-menarik-magnet/

Penulis: Evita

Komentar

Fresh