Baik dan Buruknya Mengikuti Banyak Ekskul | OPINI.id

Kalau kamu perhatiin, pasti ada aja deh teman kamu yang mengikuti lebih dari satu ekstrakurikuler di sekolah atau jangan-jangan orang itu adalah kamu sendiri? Sebenarnya gak ada yang salah kok jika kamu mengikuti banyak kegiatan seperti ekskul, asalkan kamu pintar membagi waktu dan hal tersebut tidak mengganggu akademis mu. Meski demikian, ada beberapa akibat yg ditimbulkan jika kamu bergabung dengan banyak ekskul. Langsung aja kita simak baik dan buruknya mengikuti banyak ekskul berikut ini.

1. Melatih Banyak Skill yang Kamu Miliki

Terkadang, pada usia remaja yang masih dalam tahap pencarian jati diri ini, kamu masih belum yakin dengan skill yang dimiliki. Pasalnya, kadang kamu mungkin merasa bahwa kamu memiliki terlalu banyak minat dan kebingungan jika dituntut untuk memilih salah satu saja dari sekian banyak minat tersebut. Nah, apabila kamu juga mengalami permasalahan yang serupa, maka memilih untuk bergabung di lebih dari satu ekskul mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mengasah seluruh skill yang dirasa telah kamu miliki.

2. Memberikanmu Pengalaman Berorganisasi

Di dunia kerja, hal yang akan kamu rasakan seusai sekolah nanti, kamu dituntut untuk tidak hanya memiliki bekal pengetahuan dari pelajaran-pelajaran di sekolah, melainkan juga pengalaman berorganisasi. Percaya deh, dengan pengalaman berorganisasi yang baik di berbagai ekskul, kamu akan lebih mudah menghadapinya.

3. Mengonsumsi Banyak Waktu

Hal yang satu ini adalah salah satu kekurangan yang paling dirasakan jika kamu mengikuti banyak ekskul. Kamu pasti tahu bahwa kegiatan ekskul dilakukan di luar jam belajar-mengajar, yang menjadikanmu harus pulang sekolah lebih lama dari biasanya.

4. Gagal Fokus

Selayaknya dua sisi mata uang, selain bisa melatih segudang skill-mu, mengikuti banyak ekskul bisa juga membuatmu kehilangan fokus. Artinya, karena terlalu banyak skill yang kamu pelajari, kamu jadi kerepotan sendiri dan kehilangan kesempatanmu untuk meng-explore salah satunya lebih dalam. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jika kamu mengikuti banyak ekskul di sekolah. Pilihannya tetap ada di tanganmu. Kalau kamu betul-betul ingin bergabung di banyak ekskul, yang perlu kamu lakukan adalah: memastikan jadwal latihannya tidak bertabrakan, menyiapkan stamina lebih untuk latihan, dan menjalaninya dengan rasa senang. Jangan lupa, kalau kamu mulai keteteran, mengeliminasi salah satu ekskul yang kamu ikuti selalu menjadi hakmu, ya!

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/plus-minus-ikutan-banyak-ekskul/

Penulis: Evita

Gimana rasanya mengikuti lebih dari satu ekskul??
Keteteran :"(
Fine fine aja kok
27 votes

Komentar

Fresh