3 'Penyakit' Menular Karena Mencontek! | OPINI.id

Siapa sih yang nggak kenal dengan kegiatan satu ini? Ya, mencontek! Disadari atau tidak, kegiatan terlarang ini seringkali berlangsung di sekitar kita.

Parahnya, ada lho, oknuk-oknum pencontek yang justru merasa bangga karena bisa nyontek tanpa ketahuan dan tidak merasa bersalah salam sekali! Tapi, tunggu dulu, kamu harus hati-hati juga nih sama beberapa 'penyakit' menular ini!

1. Penyakit Malas

Ini merupakan penyakit karena mencontek yang paling banyak menjangkiti para pencontek. Penyebabnya tentu saja karena mencontek merupakan jalan pintas yang diambil untuk mencapai tujuan tanpa harus bersusah-susah. Orang yang selalu mengandalkan contekan pasti akan merasa malas untuk berusaha sendiri. Prinsip si pencontek: kalau ada jalan pintas, kenapa harus ribet? Nah kebiasaan dan prinsip buruk ini lah yang akan membuat si pencontek menjadi seorang pemalas akut.

Baca juga:

    2. Penyakit Ketergantungan

    Saat seseorang mencontek, dia tidak mengandalkan dirinya sendiri. Meski mencontek dari catatan yang dia buat sendiri sekalipun, tetap saja yang dia andalkan adalah catatan itu-- bukan dirinya. Padahal, penting sekali kan untuk bisa mandiri? Bayangkan, si pencontek pasti lama-kelamaan akan menjadi ketergantungan pada sumber contekannya. Kalau sudah begitu, nantinya dia akan kesulitan tanpa sumber contekannya.

    3. Penyakit Curang

    Penyakit yang satu ini bisa dibilang penyakit yang paling berbahaya, lho! Dengan mencontek, seseorang akan berbuat curang dengan mengambil jalan pintas yang paling mudah untuk tujuannya. Kecurangan-kecurangan kecil yang dipupuk sejak dini bisa membuahkan kecurangan-kecurangan besar di masa depan, lho! Dengan terbiasa melakukan perbuatan curang, lama kelamaan seorang pencontek akan bersikap tidak acuh terhadap kesalahan. Bisa jadi, seseorang yang awalnya merasa bersalah saat mencontek nantinya tidak akan merasa bersalah lagi.

    Bukankah Nilai Ada untuk Mengukur Diri Kamu?

    Tahu kok, kalau nilai yang bagus itu penting juga. Tapi, ya buat apa juga nilai bagus kalau bukan hasil sendiri? Bukan dihasilkan oleh kemampuan diri sendiri? Tahu juga kok, kalau nilai yang bagus mungkin bisa buat kamu mendapatkan suatu yang lebih baik, mungkin. Tapi, mau sampai kapan mencontek untuk mendapatkan nilai yang bagus? Yuk, budayakan untuk percaya sama kemampuan diri kamu sendiri, dengan jerih payah mu sendiri tanpa berbuat curang!

    Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/darurat-virus-nyontek-menyebarkan-penyakit/

    Penulis: Evita

    Komentar

    Fresh