Pengelolaan Ruang Kerja Pribadi di Rumah | OPINI.id

Beban kerja yang lebih banyak dari biasanya, atau tuntutan lembur yang tak menentu, acap kali membuat kita terpaksa harus mengerjakannya di luar kantor. Atau untuk yang tipe mandiri memilih untuk mengerjakannya di rumah. Kalau kita langsung membuat ruang kerja tanpa merencanakan desain dan tata ruangnya, kita tidak akan mendapatkan kenyamanan bekerja sepenuhnya. Dan pastinya gak mau dong kerja di rumah justru jadi semakin tidak nyaman karena ruangan dan meja kerja yang tidak tertata.

quote-mark

Tips-tips berikut bisa kamu coba untuk tata ruang kerja pribadi yang dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan jadi lebih semangat:

1. Pemilihan Ruangan

Pilihlah ruangan dengan area yang luas, pastikan juga terdapat jendela untuk pencahayaan dan ventilasi untuk sirkulasi udara. Akan lebih baik jika sudah ada sambungan listrik dan telepon.

2. Penambahan Ruangan Sesuai Budget

Jika budgetmu mencukupi, kamu bisa membangun ruangan tambahan atau loteng, serta kamu bisa mendekor ulang garasi. Jika budget dirasa tidak mencukupi, gunakan saja ruangan yang sudah ada.

3. Pisahkan Ruangan Kerja

Alangkah baiknya jika ruangan kerja berada terpisah dari ruangan-ruangan lain, atau dibuat jaraknya agak jauh untuk meminimalisir gangguan seperti suara-suara bising.

4. Layout Meja dan Ruang Kerja

Rencanakan peletakan barang-barang kebutuhan pekerjaan pada ruangan kerja sedemikian rupa agar lebih terorganisir.

5. Furniture

Pilihlah furniture yang nyaman baik dari ukuran, bahan maupun daya tahannya. Pastinya akan sangat menjengkelkan jika kita sakit, terluka, atau jadi pusing karena furniture yang kita pakai tidak nyaman.

6. Beri Sentuhan Pribadi

Berikan sedikit sentuhan pribadi pada beberapa elemen di ruang kerja. Bisa berupa benda-benda favorit seperti foto, benda koleksi, aquarium maupun alat musik sehingga dapat menambah semangat dan merangsang kreativitas.

Komentar (43)

Fresh