Info Terpenting Kuliah di Jurusan Musik | OPINI.id

Masih dalam menyambut Hari Musik Nasional, spesial kami sajikan artikel mengenai tips kuliah di Jurusan Musik. Apakah kalian antusias dengan seni musik? Ingin mempelajarinya lebih dalam saat di universitas nanti? Jurusan ini memang belum se-populer dengan jurusan lainnya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa kampus yang menyediakan program studi di bidang musik ini, baik program diploma maupun sarjana.

Marini Luciana Naionggolan a.k.a Nieahoy

Kali ini kami berhasil mewawancarai Marini Luciana Nainggolan atau akrab disapa dengan Nieahoy ini adalah backing vocal penyanyi Raisa, guru vokal D’Jazz Music School, dan salah satu pengisi di The 39th Jazz Goes To Campus. Kebetulan, Nieahoy baru saja menyelesaikan studi musiknya di Universitas Pelita Harapan, Tangerang di tahun 2017. Wah cocok banget nih untuk cerita mengenai serba-serbi kuliahnya saat belajar musik. Bagi Quipperian yang memiliki kecintaan pada musik dan ingin belajar musik saat di universitas, kamu wajib banget simak wawancara dengan Nieahoy berikut ini:

Baca juga:

Untuk bisa kuliah di jurusan musik, skill bermusik apa aja nih yang perlu dimiliki?

At least teori dasar musik, dan skill bermain alat musik yang akan kalian pilih as your major instrument. Kayak aku pilih vokal, kalian mungkin pilih gitar, piano, dll.

Selain skill, hal apa saja yang harus disiapkan untuk kuliah di jurusan musik?

Uang! Kuliah musik cukup keluarin banyak uang, sih. Cuma enaknya adalah karena kita pelajarin skill, kita bisa kerja sampingan. Nggak harus punya titel sarjana kan untuk main di kafe/wedding-an. So, bisa bantu orang tua buat biaya kuliah dan uang jajan! He he. Terus harus siapin mental untuk nerima kenyataan bahwa belajar musik itu nggak Cuma “genjreng-genjreng.”

Tips untuk memilih sekolah musik yang tepat gimana ya? Rekomendasi sekolah musik terbaik di Indonesia menurut Nieahoy di mana?

Do research! Tanya-tanya orang yang kuliah di tempat tersebut. Aku nggak berani rekomendasiin sih, since semuanya punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. But if you really interested untuk kuliah di UPH, you guys can contact me personally supaya lebih detail dan tepat sama kebutuhan kalian.

Program di jurusan musik itu apa aja sih? Gimana cara memilih program yang sesuai dengan minat kita?

Aku yakin di tiap universitas beda-beda sih programnya. Aku sendiri milih Pop and Jazz Performance, fokusnya adalah gimana kita jadi a great musician/performer. Ada lagi Composition, fokusnya adalah gimana bikin karya musik, orkestrasi, atau conducting. Lagi-lagi, do more research! Di websitenya pasti dijelasin kok, cari yang sesuai sama yang cocok sama kita aja.

Nah, kalo untuk tugas akhirnya itu, Jurusan Musik ngapain ya? Apa ada skripsi juga?

Tugas Akhir kita juga lumayan berat. Ada yang namanya recital, itu kita harus bikin ‘konser’ ala kita. Seru banget! Tapi sebelum dibolehin recital kita harus lewatin sidang dulu, apa dosen-dosen setuju kita layak bikin konser itu? Selain itu, kita juga tetep harus nulis skripsi kayak biasa.

Berdasarkan pengalaman kamu, apa aja sih enaknya jadi mahasiswa yang belajar musik?

Enaknya adalah karena aku banci nyanyi banget, walau aku stres saat ada teknik vokal/pelajaran yang susah, aku tetap excited untuk pelajarinnya karena emang suka dan pengen bisa. Intinya, I get to learn the things that really excites me! PLUS, bisa nyari uang sambil kuliah. Justru harus sih karena proses belajarnya emang lebih maksimal kalo beriringan, teori dan prakteknya. Penulis: Laenelson https://video.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/kamu-pecinta-musik-dan-ingin-kuliah-di-jurusan-musik-berikut-yang-harus-kamu-tahu/

Nah, siapa nih di antara kalian yang ingin belajar di Jurusan Musik?
Saya!
Masih ragu
Nggak berminat
111 votes

Komentar

Fresh