7 Musisi Terbaik di Hari Musik Nasional | OPINI.id

Sebelum mengulas ke-7 musisi lokal yang telah memajukan industri musik Nasional, tahukah kalian bahwa esok (9 Maret) merupakan Hari Musik Nasional? Apakah kamu penasaran dengan sejarah dibalik tercetusnya Hari Musik Nasional tersebut? Jika iya, temukan jawabannya di sini!

Asal Usul Hari Musik Nasional

Sejarah panjang tentang Hari Musik Nasional tentunya juga berkaitan dengan mengapa tanggal 9 Maret adalah tanggal yang dipilih untuk memperingati Hari Musik Nasional. Pasti kamu juga bertanya-tanya dong? Hal ini ternyata berkaitan dengan hari lahir sang Maestro, pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman. WR Supratman adalah sosok yang dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional atas jasanya yang luar biasa menciptakan lagu kebangsaan yang hingga saat ini kita dengar dan wajib kita nyanyikan dibeberapa momen penting. Berbicara tentang Hari Musik Nasional sendiri, tentunya nggak akan bisa lepas dari peran andil para pahlawan musik lokal. Mereka yang turut mengharumkan nama Indonesia, hingga menjadi Negara yang disegani, dalam konteks ini tentu saja dalam bidang seni musik.

Baca juga:

    1. Joey Alexander

    Quipperian, pasti kenal dong sama Joey Alexander? Joey adalah seniman Indonesia pertama yang masuk ke Billboard 200 chart. Selain itu, Joey juga merupakan pianis muda yang berhasil memenangkan Grand Prix di Master-Jam Festival 2013 dan sempat tampil di Montreal dan Newport Jazz Festival di tahun 2015 lalu. . Joey sendiri udah pernah membawa pulang 3 piala Grammy: Best Improvised Jazz Solo di tahun 2016 dan 2017 serta Best Jazz Instrumental Album di tahun 2016. Semua penghargaan dan kebanggaan tersebut ia raih di umurnya yang masih sangat muda dan masih duduk di bangku sekolah, lho!

    2. White Shoes & The Couples Company

    Band asal Jakarta yang mengusung genre pop/funk/jazz ini juga turut mengharumkan nama bangsa. Atas nama musik retro yang terinspirasi dari berbagai soundtrack film-film lawas Indonesia membuat WSATCC dilirik dan akhirnya dinaungi label musik di Chicago, Amerika Serikat bernama Minty Fresh. Musik yang sangat easy listening membuat mereka mendapat tempat di luar negeri. Bahkan, mereka juga beberapa kali manggung di India, lho. Keren ya?

    3. The S.I.G.I.T

    Nah, kalau yang satu ini adalah band yang berasal dari Bandung. Sempat menjadi raja pensi, The S.I.G.I.T berhasil menjadi salah satu band yang gaungnya terdengar hingga penjuru nusantara. Pada tahun 2009 lalu Rekti cs sempat mencicipi panggung SXSW Austin, Amerika Serikat hingga ke Macau, Singapura dan Hong Kong.

    4. Mocca

    Bisa dibilang, Mocca adalah band yang digilai remaja Indonesia. Sempat jadi pengisi soundtrack Catatan Akhir Sekolah, membuat lagu-lagu Mocca hits pada jamannya. Bukan cuma remaja Indonesia, Mocca juga udah punya banyak fans di Korea, lho! Hal ini karena Mocca sempat diundang di dalah satu acara TV Live di Korea dan membawakan lagu-lagu terbaiknya. Dari situlah Mocca memiliki banyak fans di Korea. Selain itu, salah satu lagu Mocca juga udah jadi theme song di salah satu iklan di Jepang.

    5. Sandhy Sandoro

    Nama soloist asal Jakarta, Sandhy Sandoro naik ke permukaan semenjak dirinya memenangkan Kontes Internasional dari Young Pop Singer di New Wave, Jurmala, Latvia tahun 2009 lalu. Mula cerita, karir Sandhy Sandoro dimulai dari mengamen di Jerman untuk membantu biaya hidupnya. Sandhy mulai bernyanyi dan menjual suaranya di bar, metro dan juga stasiun. Berkat talenta dan kerja kerasnya, kini Sandhy nggak hanya dikenal di Indonesia, nama Sandhy Sandoro juga udah akrab di telinga masyarakat Berlin atau Jerman. Hebat ya!

    6. Bottlesmoker

    Duo elektro asal kota kembang, Bandung bernama Bottlesmoker ini memulai debutnya di era 2000an awal. Mereka mulai mengkomersilkan karya-karya yang mereka telurkan dengan cara membaginya dengan gratis di internet. Menariknya, bahkan mereka juga menyebarkannya di komputer-komputer warnet yang mereka singgahi dengan menggunakan flashdisk. Hebatnya, semua kerja keras tersebut membuahkan hasil. Sekarang mereka udah digandeng oleh beberapa net label di Amerika Serikat dan Eropa. Mereka pun udah melebarkan sayap dengan mengisi berbagai panggung di Malaysia, Brunei Darussalam, Cina, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, dll.

    7. Dira Sugandi

    Singkat cerita, Dira Sugandi mulai meniti karirnya di dunia seni tarik suara dengan mengambil jurusan Vocal Performance di Jurusan Musik Universitas Pelita Harapan. Setelah menyelesaikan pendidikannya dengan baik, ia berhasil berkolaborasi dengan berbagai musisi Indonesia sampai musisi internasional: Incognito, Keith Martin, Yellow Jacket dan Jason Mraz sampai tenor Italia, Andrea Bocelli. Prestasi lainnya ia dapat di tahun 2009. Dira berhasil mendapatkan gelar Indonesian Young Jazz Talent Award di Java Jazz Festival Jakarta. Dira juga saat ini sukses menjual album-albumnya di Indonesia, Inggris dan Jepang. Nah Quipperian, dari sederet musisi di atas, siapa sih yang paling memberikan kamu inspirasi dalam bermain musik? Penulis: Alhabsi Mahardicha https://video.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/7-musisi-lokal-yang-memajukan-industri-musik-indonesia/

    Manakah Musisi Lokal Favorit Kamu?
    0 votes

    Manakah Musisi Lokal Favorit Kamu?
    0 votes

    Manakah Musisi Lokal Favorit Kamu?
    0 votes

    Dari 5 band lokal berikut, manakah yang menjadi favorit kamu banget?
    Joey Alexander
    WSTCC
    The S.I.G.I.T
    Mocca
    1 votes

    Dari 4 band lokal berikut, manakah yang menjadi favorit kamu banget?
    WSTCC
    The S.I.G.I.T
    Mocca
    Bottlesmoker
    83 votes

    Komentar (1)

    Fresh