8 AKUISISI STARTUP TERBESAR DI 2017 | OPINI.id

Ada banyak startup yang muncul selama 2017 ini, ada 8 akuisisi startup terbesar/termahal selama tahun 2017.

8. Shazam

Shazam, aplikasi yang bisa mengidentifikasi lagu/music diakuisisi perusahaan Apple sebesar $400 juta. Sepertinya Apple akan mengintegrasikan fungsionalitas Shazam dengan dengan iOS. Ini semakin meramaikan kompetisi anatara Apple Music dengan Spotify.

7. Trello

Perusahaan aplikasi workplace Atlassian mengumumkan telah mengakuisisi aplikasi manajemen proyek Trello pada Januari 2017. Nilai akusisi sebesar $425 juta.

6. NuTonomy

NuTonomy adalah perusahaan startup yang mengkhususkan pada desain mode kemudi mandiri (self-driving). Delphi, perusahaan supplier otomotif, mengumumkan telah mengakuisisi nuTonomy pada Oktober 2017. Dikarenakan nuTonomy join dengan suplier otomotif maka dipastikan nuTonomy bisa melayani beragam manufaktur otomotif. Nilai akuisisi sebesar $450 juta.

5. Shipt.

Baru-baru ini Shipt, sebuah perusahaan pengiriman grocery, dibeli oleh Target. Target adalah salah satu perusahaan retail besar di Amerika. Dengan membeli shipt ini, diharapkan Target bisa menjangkau Millenial. Walaupun Millenial uang sakunya masih disupply sama orangtuanya ... wew. Nilai akuisisinya sebesar $550 juta.

4. Moat.

Moat adalah startup ads tracking. Moat bisa memberikan layanan dimana saja ads dimunculkan. Para brand manajer (digital) pastinya sudah tahu Moat ini. Oracle membeli Moat seharga $850 juta.

3. Musical.ly

Musical.ly adalah sosial media berbasis musik. User bisa membuat dan mempost video lip-sync. Musical.ly diakuisisi oleh perusahaan asal Cina Beijing Bytedance Technology Co. Bytedance membutuhkan partner dekat yang bisa berpartner dengan news app-nya Toutiao dan bisa memberikan celah ekspand ke luar negeri. Kabarnya total akusisi mencapai satu miliar dolar Amerika. Perusahaan Cina memang sedang menggurita yak ... :D

2. AppDynamics

Ini kasus yang dramatis. Cisco akusisi beberapa hari sebelum AppDynamics melakukan IPO!! Ini terjadi di bulan Januari 2017. AppDynamics adalah startup monitoring dan manajemen performa aplikasi. Menurut banyak analis, nilai akuisisi Cisco hampir dua kali lipat nilai IPO yang akan diraih AppDynamics. AppDyamics dibeli Cisco dengan harapan ekspansi market hardware Cisco itu sendiri. NIlai akuisisinya adalah $3,7 miliar.

1. Chewy.

Chewy dibeli oleh PetSmart. Keduanya adalah perusahaan online seller barang-barang yang ada hubungannya dengan hewan peliharaan. Sepertinya PetSmart ingin semakin menancapkan kukunya di dunia jual produk pet. Uniknya nilai beli Chewy ini adalah 39 persen nilai PetSmart pada tahun 2015 ketika dibeli oleh investor private equity. PetSmart membeli Chewy seharga $3,35 miliar. inc.com

Komentar

Fresh