9 Pekerjaan Baru di Era Millennials | OPINI.id

Perkembangan jaman dan teknologi yang begitu pesat di era Millennials ini menghasilkan banyak ragam pekerjaan baru yang sama sekali tidak terpikirkan di generasi sebelumnya. Apa saja sih pekerjaan-pekerjaan tersebut? Yuk, kita simak!

App Developer

Di era modern ini, hampir semua orang di dunia memiliki smartphone ataupun gawai lainnya. Penggunaan smartphone itu sendiri bergantung kepada maraknya aplikasi, baik yang berbasis Android, iOS, ataupun platform lainnya. Oleh karena itu, pekerjaan seperti App Developer ini merupakan jenis pekerjaan baru yang vital dan selalu dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi gawai yang begitu pesat.

Social Media Manager

Sepuluh tahun yang lalu, jumlah social media yang ada hanya sedikit sekali, sehingga pekerjaan seperti Social Media Manager ini belum dibutuhkan apalagi diminati. Di era informasi digital seperti sekarang ini, semua perusahaan besar atau mereka yang berbasis digital tentu membutuhkan Social Media Manager untuk mengembangkan bisnis mereka, menjadikan pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan paling top di era milenial ini.

YouTuber

Dewasa ini, menjadi seorang YouTuber merupakan salah satu pilihan karir yang cukup diminati para generasi millenials. Seorang YouTuber yang sudah terkenal dapat menghasilkan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulannya berkat tayangan iklan, sponsorship, dan sebagainya. Kalau kamu suka membuat video-video menarik dan berkualitas serta sanggup menayangkannya secara rutin, kamu boleh mencoba profesi yang satu ini.

Live-Streamer

Profesi lainnya yang mirip dengan YouTuber adalah seorang Live-Streamer. Bedanya kalau YouTuber umumnya membuat dan mengedit konten mereka sebelum ditayangkan, Live Streamer umumnya langsung tampil secara live di hadapan para penontonnya. Beberapa Live Streamer profesional memiliki peralatan bahkan tim khusus untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum mereka live. Ada Live Streamer yang menampilkan saat mereka sedang bermain game, seperti contohnya di Twitch, dan ada yang hanya menampilkan aktivitas sehari-hari mereka sambil berbincang-bincang, seperti contohnya Bigo.

Supir Ojek Online

Dengan kehadiran perusahaan-perusahaan penyedia jasa taksi online seperti Uber, Grab, dan Gojek, profesi ojol alias ojek online ini menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati dan cukup menghasilkan. Berkat tarif yang murah, tidak ribet dibandingkan membawa kendaraan sendiri, lebih nyaman dari mayoritas angkutan umum, dan layanan yang prima, masyarakat kota modern menjadi amat bergantung kepada kehadiran para ojek online ini.

Data Miner

Pada era digital dimana volume pertumbuhan data meningkat sebanyak 40% per tahunnya, banyak perusahaan akan kewalahan mengolah dan menganalisa data dengan ukuran yang amat besar tersebut. Oleh karenanya, profesi sebagai Data Miner atau Data Analyst menjadi sangat krusial untuk memproses dan menganalisa data-data tersebut dengan baik.

Sustainability Expert

Profesi yang satu ini mungkin belum populer di Indonesia, tetapi profesi ini mulai dibutuhkan dan dicari diluar negeri. Para Sustainability Expert umumnya bertugas mengawasi efisiensi sumberdaya suatu perusahaan serta memikirkan dan meninjau hubungan serta dampak perusahaan tersebut ke lingkungan sekitar. Karena masalah lingkungan yang semakin hari semakin besar, perusahaan-perusahaan besar dunia saat ini mulai lebih peduli akan alam dan berusaha meminimalisir dampak negatif dari kegiatan mereka terhadap lingkungan. Oleh karena itu, profesi ini diramalkan akan menjadi cukup marak di masa yang akan datang.

Operator Drone

Saat ini, kebanyakan dari kita mengenal kegunaan Drone hanya untuk fotografi dan mainan. Namun, di masa depan nanti, diramalkan Drone akan lebih banyak digunakan lagi untuk berbagai keperluan manusia. Bukan tidak mungkin penggunaan Drone ukuran besar seperti yang saat ini digunakan militer suatu saat akan digunakan oleh masyarakat umum. Perkembangan pasar dan teknologi Drone yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir ini memicu peluang profesi baru, salah satunya adalah operator Drone.

Virtual Assistant

Di jaman dimana segala sesuatunya dapat dilakukan melalui internet, orang tidak perlu lagi pergi ke kantor untuk bekerja. Kita dapat melakukan meeting dari rumah masing-masing melalui teleconference, dan proses pertukaran data dan sebagainya dapat dilakukan dengan bantuan Cloud computing. Namun, seorang eksekutif atau manajer tetap membutuhkan sekretaris atau asisten pribadi untuk membantu kegiatannya sehari-hari. Oleh karena itu, terciptalah lapangan pekerjaan untuk para asisten dunia maya ini sebagai asisten virtual atau Virtual Assistant.

Komentar

Fresh