Menghafal Cepat Ala Anak Millennial | OPINI.id

Di era pendidikan zaman sekarang banyak sekali anak millennial yang kewalahan dalam mengatur waktu mulai dari belajar, Mengerjakan tugas, bermain, dan istirahat. Belum lagi dikaget kan oleh yang namanya ulangan dadakan. Mau dalam bentuk tulisan ataupun lisan. Ditambah lagi kita hanya diberi waktu yang sangat minim untuk menghafalkan pelajaran. Lalu bagaimana mengatasinya ? Yuk kita intip. Semoga membantu !

Point

Untuk menghafal pelajaran tentu saja kita harus membacanya terlebih dahulu. Namun tidak semua kata ada dalam dibenak kepala kita. Maka dari itu bacalah point terpenting yang sudah termasuk inti dari semua itu.

Baca juga:

    Bertanya dan Pahami

    Saat menghafal pasti ada kata-kata yang sulit untuk dipahami. Cobalah mencari arti kata tersebut diinternet atau meminta bantuan orang terdekat untuk menjelaskan arti maksud tersebut. Jika masih belum mengerti coba diskusikan sampai anda betul-betul mengerti.

    Peta Konsep

    Setelah membaca dan memahami pelajaran yang akan dihafal. Buatlah peta konsep. yang dimaksud peta konsep disini adalah sejauh mana hafalan anda bercabang. Semakin banyak bercabang semakin paham dengan materi tersebut. Jika peta konsep membuat anda masih bingung, cobalah menulisnya dengan pulpen/spidol berwarna agar memudahkan anda menghafal.

    Percaya diri, Yakin, Dan Berdoa

    Percaya diri adalah kunci utama dari semuanya. Apabila kita kurang percaya diri, gugup, dan masih merasa ragu. Semua yang kita hafal akan hilang dalam sekejap. Oleh karena itu berdoa lah dan yakinkan diri anda bahwa anda bisa !

    Komentar

    Fresh