Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Presiden Kabur, Taliban Hidupkan Negara Islam Afghanistan

Dua pekan ramai diperbincangkan, Taliban berhasil merebut kekuasaan dan menguasai secara penuh pemerintahan Afghanistan.

Muhammad Arjun  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Presiden Ashraf Ghani kabur meninggalkan Afghanistan menuju Tajikistan sebelum istananya berhasil direbut oleh Taliban, langkah tersebut tak terhindarkan lagi pasca gerakan Taliban yang menguasai negara itu hanya dalam waktu dua pekan saja.

Presiden Ghani mengatakan bahwa kepergiannya meninggalkan istana merupakan sebuah langkah untuk menghindari pertumpahan darah di negara tersebut. Namun, Abdullah Abdullah yang mengepalai proses perdamaian menilai Presiden Ghani membiarkan rakyatnya dalam situasi ini yang ditandai dengan kacaunya proses perdamaian dengan pemberontak Taliban.

Bagaimana tidak? Hal ini bermula pada upaya lanjutan dalam proses perdamaian pada maret lalu yang mempertemukan Presiden Ashraf Ghani dan Presiden AS Joe Biden. Pertemuan itu kemudian menghasilkan usulan agar pemerintah Afghanistan menandatangani perjanjian pembagian kekuasaan sementara dengan Taliban.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation