Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Kenaikan Muka Air Laut Terus Gerus Pesisir, Daratan Indonesia Kian Menyusut

Hampir 60 persen kawasan pesisir Indonesia ditinggali oleh manusia. Namun dengan permukaan air laut yang semakin tinggi, kelangsungan hidup mereka dan umat manusia secara keseluruhan bisa terancam.

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Hampir 75 persen wilayah pesisir di kawasan Asia Pasifik sejak lama dijadikan sebagai tempat tinggal oleh penduduk. Dilansir dari laman Kumparan, di Indonesia sendiri, hampir 60 persen kawasan pesisirnya ditinggali oleh manusia. Mengapa kawasan pesisir dijadikan tempat tinggal oleh banyak warga? Itu karena fungsi sosial dan ekonomi, di mana umumnya kawasan tersebut bagian wilayah kota besar, dengan akses dan mobilitas yang terhubung langsung dengan pelabuhan.

Photo by Ny Menghor on Unsplash
Photo by Ny Menghor on Unsplash

Sayangnya, kawasan pesisir tengah menghadapi tantangan besar lewat kenaikan muka air laut, yang merupakan dampak pemanasan global, secara signifikan. Fenomena ini terjadi di banyak kawasan pesisir di dunia, termasuk Indonesia. Kenaikan muka air laut tak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi merambah juga ke sektor ekonomi, kehidupan sosial, kesehatan, hingga masalah kependudukan.

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation