Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Suka Medsos Boleh, Tapi Jangan Terlalu Hidup di Sana

Sosial media memang sudah seperti camilan manusia zaman sekarang. Tapi jangan tertipu, dampak buruk bisa saja melekat disekitarmu.

Sofia Karima  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Teknologi dirancang, dikembangkan, dan diciptakan oleh manusia untuk mempermudah setiap jengkal kebutuhan hidup. Media sosial misalnya. Ada pada abad ke-18 tepatnya tahun 1844 saat teknologi telegraf pertama kali diperkenalkan oleh Samuel Morse, seorang pelukis berkebangsaan Amerika. Kemudian berkembang pada pertumbuhan internet tahun 1970 dan semakin pesat di abad ke-20. Fungsi media sosial awalnya hanya sebagai alat komunikasi jarak jauh yang hanya bisa digunakan oleh pemerintah dan pebisnis untuk mempermudah urusan mereka. Kemudian bergeser kegunaan di masa kini menjadi akun pribadi yang dapat diihat oleh seluruh orang di dunia.

Rata-rata anak muda saat ini sudah memiliki akun media sosial wajib seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Jutaan postingan masuk tiap menit ke sosial media, tanpa filter, tanpa pantauan. Tidak ada peraturan tertulis secara resmi disana. Semua orang boleh membicarakan apa saja, menguploud gambar mana yang disuka, berkomentar pedas ataupun manis, dan berkarya sesuka hati. Semua terserah satu orang, si pemegang akun. Hampir semua hal yang disuka ada disana, entah makanan, hobi, tips dan trik, bahkan konten pembelajaran. Komplit dan menyeluruh. Tanpa terkecuali.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation