Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Apakah Penjajahan di Tanah Air Sudah Terulang?

Nusantara pernah dijajah ratusan tahun, mengalami kesakitan dan ketakutan. Lalu kini, apa kita diam saja melihat sejarah terulang?

Sofia Karima  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Belanda datang ke Nusantara dengan dalih berdagang. Kemudian menguasai perdagangan dengan berbagai strategi jenius, mendekati para bangsawan dan pemerintah, untuk selanjutnya merebut banyak sektor kehidupan rakyat. Mereka cerdas? Tentu saja, tetapi kecerdasan itu mereka gunakan untuk ‘membodohi’ orang lain, alih-alih mencerdaskan bangsanya sendiri. Saya tidak bilang orang Nusantara tidak jenius, akan tetapi pengetahuan dan cara berfikir kritis mereka saat itu masih jauh dibawah para penjajah.

Jika tidak setuju, mari kita liat bagaimana cerita sejarah yang mengatakan rakyat diam saja saat ditetapkan pemerintah belanda untuk membayar pajak pertanian dari tanah dan jerih payah bercocok tanam milik mereka sendiri, sistem tanam paksa tahun 1830 yang menyebabkan banyak tekanan pada rakyat, sampai paksaan bekerja seperti romusha tahun 1942 oleh penjajah Jepang untuk membangun berbagai fasilitas penting seperti jalan raya, gudang bawah tanah, jembatan, dan kubu pertahanan. Yang paling diuntungkan? Para penjajah pastinya, meskipun rakyat juga dimudahkan dengan adanya fasilitas umum seperti jalan raya dan jembatan.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation