Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Waspada Penipuan Berkedok SMS dengan Iming-Iming Uang

Di zaman yang semakin maju ini kita harus berhati-hati dalam menerima SMS

Ramdhani Wahid F  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Fenomena penipuan yang selalu menimbulkan korban yang tidak sedikit. Apalagi di zaman yang sudah canggih ini, semakin mudah menipu seseorang dengan menggunakan media sosial seperti SMS. SMS yang menggunakan akun bodong dengan iming-iming uang ratusan juta untuk digunakan menipu orang lain. Di zaman yang semakin maju ini, SMS tidak sekedar hanya mengirim dan menerima pesan dari teman, keluarga, pacar, tetangga dan lainnya.

Tapi juga bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan digunakan untuk menipu, sehingga menimbulkan korban dan si penipu tersebut mendapatkan keuntungan uang sampai jutaan karena telah menipu korban. Tidak semua SMS dapat dikategorikan dalam SMS yang aman, bisa jadi SMS yang diterima dari komplotan penjahat yang menyamar dengan akun bodong karena ingin mendapatkan uang secara instan yaitu dengan menipu lewat SMS.

Baca Selengkapnya
  1. Cermati nomor siapa yang mengirim pesan tersebut. Jika nomor tersebut tidak ada dalam kontak langsung abaikan.
  2. Perhatikan tautan atau link yang diberikan. Jangan pernah sekali-kali mengeklik link tersebut, karena bisa jadi itu adalah jalan si penipu untuk mencuri data-data pribadi.
  3. Terakhir waspadai bentuk permintaan informasi pribadi dan biaya. Seperti membeli jasa atau barang yang direkomendasikan dalam SMS itu.
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation