Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Diversi, langkah Progresif Selamatkan Anak dari Jeruji Besi

Restoratif Justice bagi Anak Berhadapan dengan Hukum sangat diprioritaskan demi selamatkan masa depan Anak Bangsa dari jeruji besi

RAHMAT PRIYONO, S.H.  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Belajar dan bermain adalah tugas pokok seorang anak. Tumbuh kembangnya ditentukan oleh bagaimana didikan orang tua, lingkungan, serta teman sepermainannya. Namun, lika liku kehidupan tak seindah yang kita (orang tua) rencanakan. Dunia anak tak sesederhana bayangan orang tua dengan menganggap "namanya juga anak-anak". Pola berpikir anak (di bawah 18 tahun) yang masih labil dan tanpa pikir panjang mampu mengantarkan dirinya ke jeruji besi. Salah pergaulan saja, sudah sangat fatal dampaknya.

Ketika Anak Berhadapan dengan Hukum karena kesalahan yang ia perbuat, ia akan merasa hancur dan sangat takut untuk menghadapi petugas berseragam lengkap dengan atribut yang berkilau. Seperti halnya salah satu kasus yang pernah saya tangani dalam proses pengambilan data, Anak berinisial K.S melakukan tawuran hingga akhirnya membuat rusaknya fasilitas umum dan menimbulkan kerugian. Perbuatan yang spontan dan karakter Anak yang mudah meniru perilaku orang dewasa menjadi sebabnya. Perlu kita ketahui bahwa perbuatan yang dilakukan anak-anak tidak serta merta lepas dari ancaman pidana.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation