Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Daerah Tertinggal Oleh Kemajuan, Bukti Gagalnya Otonomi Daerah?

Perkembangan teknologi memberikan berbagai dampak positif. Sayangnya, masyarakat pedesaan belum memaksimalkan peluang tersebut.

Rahmah Putri Elsa Namira  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Persoalan mengenai ketertinggalan daerah terhadap kemajuan zaman yang semakin maju kerap dikaitkan dengan gagalnya pelaksanaan otonomi daerah. Hal ini bukanlah tanpa alasan, hadirnya otonomi daerah menjadi suatu tanggung jawab bagi pemerintah daerah untuk dapat mengentaskan kemiskinan, mensejahterakan warga daerah dan memberikan akses berbagai fasilitas publik untuk masyarakat daerahnya.

Terdapat tulisan menarik milik Anti Susan yang berjudul Penyalahgunaan Kekuasaan Otonomi Daerah. Ada satu hal menarik yang disampaikan melalui tulisannya bahwa masih terdapat banyak daerah yang belum menerapkan kebijakan otonomi. Hal ini terlihat pada minimnya fasilitas publik di daerah seperti contohnya mini market. Alasan minimnya fasilitas publik tersebut tidak lain karena perilaku masyarakat yang lebih memilih menggunakan produk maupun fasilitas hasil buatan wilayahnya sendiri.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation