Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Ketidakseriusan Pemerintah dalam Program Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa adalah salah satu pencetak SDM unggul di masyarakat. Jika tak serius bagaimana mungkin cita itu terwujud?

Nency Septriyana  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Setelah urusan rumah selesai, saya ingin mengunjungi perpustakaan desa yang letaknya tak jauh dari rumah. Maksud hati ingin pinjam buku-buku novel kalau ada, kalau tak ada ya buku tentang bercocok tanam di lahan sempit atau ketrampilan praktis lain yang bisa saya lakukakan bersama anak-anak dalam masa pembelajaran daring ini. Atau siapa tahu nemu buku menarik yang belum pernah terlintas dalam pikiran.

Tapi sampai di sana saya sungguh kecewa. Perpustakaan desa itu hanyalah sebuah ruang sempit di pojok bangunan. Pintunya yang kusam terkunci. Dari luar saja sudah tak mencirikan sebagai perpustakaan yang hidup. Dan ketika pintu dibukakan, saya hanya melihat sebuah rak etalase kaca berdebu tebal diantara tumpukan barang tak terpakai lainnya. Bahkan buku-buku itu mengeluarkan suara krek-krek saat dibuka lembar demi lembar, pertanda jarang sekali dijamah sehingga antar halaman lengket.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation