Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Cara Mencegah Penularan Covid-19 pada Balita dan Anak-Anak

Balita dan anak-anak juga menjadi sasaran penularan covid-19 diperkotaan besar. Gizi merupakan solusi mencegah penularan covid-19.

Ayu  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Penularan covid-19 dapat terjadi pada kelompok usia manapun termasuk balita dan anak-anak. Pada umumnya mayoritas orang yang terinfeksi covid-19 merupakan kelompok usia dewasa, namun saat ini covid-19 juga menyerang balita dan anak-anak di wilayah perkotaan besar. Faktor yang menyebabkan balita dan anak-anak terinfeksi covid-19 adalah seringnya beraktifitas diluar rumah, mengingat padatnya penduduk di wilayah perkotaan semakin memudahkan penyebaran covid-19. Untuk mencegah penularan covid-19 pada balita dan anak-anak sebaiknya para orang tua tidak membiarkan balita dan anak-anak mereka berada di luar rumah atau di tempat umum.

Cara pencegahan penularan covid-19 di bidang kesehatan adalah dengan menjaga system kekebalan tubuh. Gizi yang baik merupakan kunci untuk menjaga system kekebalan tubuh. Jika system kekebalan tubuh tetap terjaga maka tubuh tidak akan mudah tertular penyakit. Menjaga pola makan yang baik pada balita dan anak-anak sangat diperlukan selama pandemic covid-19. Memperhatikan pola makan pada balita dan anak-anak sesuai dengan gizi seimbang, beragam serta sehat dapat membantu mencegah balita dan anak-anak tertular penyakit. Salah satu tantangan dalam penerapan gizi seimbang, beragam serta sehat pada balita dan anak-anak adalah balita dan anak-anak cenderung lebih suka memilih-milih makanan, sehingga akan berpengaruh dengan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi pada balita dan anak-anak. Balita dan anak-anak merupakan kelompok usia yang masih mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan sehingga gizi sangat berpengaruh untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Oleh karena itu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi balita adalah dengan meningkatkan nafsu makan balita dan anak-anak, serta perlunya dukungan orang tua dalam hal pemberian makan, dengan memvariasikan menu makan sehingga balita dan anak-anak tertarik untuk makan. Dan biasakan balita dan anak-anak untuk makan-makanan yang seimbang dan beragam seperti makanan pokok seperti nasi, roti, jagung, kentang dan lain-lain, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan yang merupakan sumber protein nabati, serta protein hewani seperti daging, ikan, telur, serta susu dan olahannya. Terpenuhinya kebutuhan gizi perlu di imbangi dengan aktifitas fisik, karena energy yang masuk melalui makanan harus seimbang dengan energy yang keluar melalui aktifitas fisik untuk mencegah terjadinya penimbunan lemak tubuh yang dapat menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, biasakan para orang tua untuk selalu mengajak anak melakukan aktifitas fisik seperti bermain. Selain itu penerapan hidup bersih dan sehat harus di ajarkan pada anak sejak dini untuk mencegah balita dan anak-anak terinfeksi penyakit, jika sudah terinfeksi penyakit maka akan berpengaruh pada status gizi. Karena tidak terpenuhinya kebutuhan gizi dan infeksi penyakit akan menyebabkan masalah gizi pada balita dan anak-anak salah satunya adalah malnutrisi.

Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation