Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Fenomena Hate Speech di Dunia Media Sosial

Media Sosial digunakan oleh setiap orang di setiap hari nya, kini dapat memberikan efek negatif. Salah satunya adanya hate speech

Dhearowin Qatrunnada  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Hate Speech merupakan sebuah ujaran pesan kebencian atau sebuah tindakan komunikasi yang sifatnya berupa serangan atau hinaan biasanya berbentuk provokasi, hasutan, maupun hinaan yang dilontarkan atau diucapkan oleh seorang individu atau kelompok dengan tujuan untuk menyakiti perasaan orang lain maupun kelompok lain. Hasil pengumpulan pesan kebencian media sosial di seluruh dunia dari HateBase, aplikasi berbasis web membuktikan bahwa sebagian besar kasus hate speech terjadi karena berbagai alasan misalnya etnis, kebangsaan, dan agama.

Sebuah pesan kebencian yang dilontarkan seseorang melalui unggahannya di media social, dapat langsung menjadi bahan untuk konsumsi public juga dapat tersebar luas hingga menimbulkan keributan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya hubungan atau keterkaitan antar media social dengan situs online. Seperti sebuah kilat, sebuah pesan kebencian tersebut dapat menimbulkan kehebohan karena jangkauannya tidak hanya ditujukan kepada sebagian kelompok, melainkan seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation