Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Jangan Takut Speak Up, karena Kita (Perempuan) Tak Kalah Berharga

Pelecehan seksual masih bertahan menjadi isu hangat di era digital. Oleh karena itu speak up termasuk langkah pertama yang tepat.

Rifdah Anggraheni rifdahanggraheni.2018  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Pelecehan seksual masih bertahan menjadi isu hangat di era digital. Perlu ditekankan, terjadinya pelecehan seksual bukan karena pakaian si korban. Dalam berbagai platform publikasi online, terdapat beberapa kisah yang menyertakan pelaku pelecehan memiliki pikiran yang tidak waras. Bagaimana tidak, pakaian yang selalu mengenakan “jaket gombrong” kemana-mana, jilbab menutupi dada, dan pastinya menggunakan rok tebal. Apa yang kurang tertutup? Wajah? Apa wajah orang tersebut terlihat genit menggoda? Faktanya, korban lebih sering menggunakan masker ketika bepergian daripada tidak mengenakannya, karena efek dari alergi debu.

Maraknya pelecehan seksual didasari oleh beberapa faktor pelaku, seperti kondisi kejiwaan yang tidak normal, mengonsumsi alkohol ataupun obat-obatan terlarang, memiliki fantasi seks berlebih dan tidak dapat tersalurkan, riwayat pelecehan seksual yang dialami sendiri atau pernah menyaksikan sebuah tindakan pelecehan seksual secara langsung, kurangnya pendidikan dan pengetahuan tentang seks. Dari contoh kasus dan faktor maraknya pelecehan seksual, perilaku pelecehan seksual di jalanan masih sering dijumpai dan tentunya merugikan masyarakat khususnya perempuan.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation