Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

“Hidup Tak Seindah Feed Instagram, Bung!”

Di era sekarang ini sudah tidak asing lagi bukan dengan Instagram? Siapa sangka bermain Instagram dapat merusak mental health.

Shelyanandaagustin  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak diminati dikalangan masyarakat dari anak kecil hingga orang dewasa. Saat ini mayoritas yang memiliki handphone pasti memiliki akun Instagram. Dengan Instagram setiap orang dapat mengabadikan moment-moment yang berharga dikehidupanya dengan memposting foto ataupun video. Namun siapa sangka bahwa penggunaan Instagram yang berlebihan akan berakibat pada gangguan kesehatan mental.

Terdapat studi yang di publiskasikan dalam International Journal of Mental Health and Addiction ini merupakan hasil kolaborasi antara Sujarwoto dari Universitas Brawijaya, Gindo Tampubolon dari University of Manchester, dan Adi Cilik Pierewan dari Universitas Negeri Yogyakarta Penelitian tersebut berjudul "A Tool to Help or Harm ? Online Social Media Use and Adult Mental Health in Indonesia" ini menganalisis variabel instrumental data dari Indonesia Family Life Survey ( IFLS) 2014. Data itu di dapat dengan menyurvei 22.423 orang yang berusia 20 tahun ke atas di 9987 rumah tangga dan 297 kabupaten di Indonesia. Hasilnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan berbahaya bagi kesehatan mental karena dapat menyebabkan depresi. Salah satu media sosial yang disurvei tersebut adalah Instagram.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation