Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa: Gambaran Tepat Para Pendonor Darah

Apresiasi lebih terhadap jasa mulia para pendonor darah, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kegiatan donor darah

fionita julia  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Istilah “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” dahulu di identikkan dengan seorang guru. Akan tetapi, julukan ini bisa juga disematkan kepada para Pendonor Darah, loh. Istilah “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” di populerkan oleh Sartono lewat lagu Hymne Guru. Istilah tersebut digunakan oleh Sartono untuk menggambarkan peran guru yang begitu mulia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, mereka tidak mendapatkan gelar kepahlawanan apapun atau imbalan yang sesuai atas jasa besar yang telah mereka berikan pada masa itu. Situasi ini serupa dengan para relawan donor darah yang juga memiliki jasa besar bagi kehidupan manusia.

Darah merupakan salah satu aspek krusial dalam kehidupan manusia. Ia berperan sebagai media yang memasok berbagai macam zat seperti oksigen, menyuplai nutrisi, hormon dan mengangkut sisa-sisa metabolisme tubuh. Selain itu, darah juga mengandung banyak zat yang dapat membangun imunitas tubuh. Dengan demikian, kehilangan banyak darah maupun adanya kelainan fungsi darah dapat mengakibatkan hal yang fatal terhadap tubuh manusia. Dikutip dari detik.com, menurut dr Joe Alton dari American College of Surgeons (ACS) jika pendarahan terjadi pada seseorang mereka akan merasakan pusing, jantung berdetak cepat, pucat dan badan mulai terasa dingin. Kemudian, jika kehilangan darahnya sangat banyak, maka pembuluh darah mulai mengecil, tekanan darah menjadi tidak stabil, organ-organ tubuh mulai tidak berfungsi dengan baik, dan pada akhirnya meninggal dunia.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation