Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

MCD x BTS: “Teori Antrean" yang Dilupakan Pelaku Usaha

Strategi celebrity partnership McDonald's dengan BTS tepat namun tidak dibarengi dengan kesiapan operasional dilapangan.

Yoga Efrizal  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Celebrity Partnership memang bukan hal yang baru untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa. Di Amerika Serikat, McDonald's penah melakukan celebrity partnership dengan Travis Scott tahun 2020 untuk mendongkrak penjualan yang anjlok akibat pandemi. Efeknya luar biasa, penyanyi rapper dengan lebih dari 40 juta pengikut di Instagram itu membuat McD sampai kehabisan stok. McDonald's Indonesia sudah memperkirakan kalau Travis Scott tidak akan akan memberikan dampak pada marketing penjualan, lain halnya dengan BTS. Indonesia justru pernah disebut sebagai tempat ARMY terbanyak diseluruh dunia.

Strategi dengan menggandeng BTS akhirnya terbukti tepat. Peluncuran menu BTS Meal meledak. Hampir diseluruh gerai McD dipadati antrean driver ojek online. Teori bahw ARMY Indonesia banyak juga terbukti. Tak hanya banyak, mereka juga terbukti “setia” merogoh kocek dan pesan untuk menu yang mungkin dirasa sebagian orang sama dengan menu McD yang lain, kecuali untuk saus cajun mayo. Namun tak lama berselang, dikarenakan menyebabkan kerumunan, hampir semua McD ditutup. Ada yang ditutup 1x24 jam hingga ada yang 3x24 jam. Akibat kerumunan itu pula McD dikenakan sanksi denda hingga Rp 50 juta.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation