Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Pemimpin pada Masyarakat Minangkabau

Dengan banyaknya tokoh pahlawan nasional yang berasal dari suku Minang, terlintas pertanyaan di benak kita. Apasih faktornya?

isadpadil18  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Suku Minangkabau merupakan salah satu dari sekian banyak suku yang ada di Indonesia, berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Dengan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak di mana hanya beberapa persen saja dari dua ratus juta rakyat Indonesia, namun hal tersebut tidak membuat peran dan posisi suku Minangkabau atau suku Minang harus tersingkir.

Justru sejarah berkata lain, jika kita melihat balik pada masa perjuangan hingga masa kemerdekaan, kita dapat melihat dengan jelas peran yang dipegang oleh suku Minang dalam pergerakannya. Bahkan majalah Tempo pernah membuat edisi khusus tahun 2000 yang mencatat bahwa 6 dari 10 tokoh penting Indonesia pada abad ke-20 merupakan orang Minang. 3 dari 4 orang pendiri Republik Indonesia adalah putra-putra Minangkabau. Dan nama dari tokoh-tokoh penting tersebut tentu banyak yang tidak asing lagi masyarakat, seperti Bung Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, dan H. Agus Salim.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation