Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Artis, Seniman, Selebritas, Apa Bedanya?

Dalam praktik kebahasaan sehari-hari, lema ‘artis’ dan ‘seniman’ itu seolah-olah mengandung makna yang berbeda sama sekali.

Nanda Naradhipa  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Tempo hari, banyak kabar tersiar seputar ‘artis’ yang lagi tren membeli klub sepakbola: artis A akuisisi klub X, artis B akuisisi klub Y, artis C akuisisi klub Z, dan seterusnya, dan seterusnya. Kabar itu hampir muncul bersamaan dengan maraknya gunjang-ganjing seputar kontroversi artis yang memerankan Zahra dalam serial sinetron di salah satu stasiun televisi swasta yang disebut-sebut turut mengkampanyekan perilaku sosial menyimpang.

Banyaknya lema ‘artis’ yang muncul di berbagai media informasi digital, membawa ingatan saya pada salah satu unggahan Instagram Presiden Republik Jancukers, Mbah Sudjiwo Tejo, yang menyebut bahwa artis itu beda dengan seniman. Menurutnya, perbedaan paling signifkan antara keduanya terlihat dari karya yang dihasilkan: karya seniman itu lahir dari hati nurani, sedangkan karya para artis lahir berdasar selera pasar. Karenanya, pria yang akrab disapa Mbah Jiwo ini kerap memprokmalirkan dirinya sebagai seniman, bukan artis.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation