Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Diburu ARMY Seluruh Indonesia, Ojol Kewalahan Layani Order BTS Meal

BTS Meal lagi diburu sama para penggemarnya. McD dan ojol sampai kewalahan. Bahkan, kemasan bekasnya laku dijual online senilai ratusan ribu rupiah. Gokil!

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

BTS Meal adalah menu kolaborasi antara boy band terkenal asal Korea Selatan BTS dengan McDonald’s yang tengah jadi perbincangan hangat di media sosial. Menu BTS Meal mulai dijual sejak hari ini, Rabu (9/6) dan bisa diburu ARMY seluruh indonesia di seluruh gerai McD Indonesia.

BTS Meal. Image: mcdonalds.co.id.
BTS Meal. Image: mcdonalds.co.id.

Dengan kepopuleran BTS yang mempunyai jutaan penggemar dari berbagai belahan dunia, gak heran menu BTS Meal ini jadi buah bibir di kalangan netizen. Pantauan Opini.id, tagar #BTSMeal masih bertengger di posisi pertama trending topic Twitter Indonesia dengan cuitan atau unggahan lebih dari 90 ribu tweet.

Dikutip dari laman Kompas, menurut Sutji Lantika selaku Associate Director McDonald’s Indonesia, menu BTS Meal ini dijual seharga Rp45.455. Dengan membeli menu ini, kalian akan dapat 9 potong Chicken McNuggets, Medium Fries, Medium Coca-Cola, Saus Sweet Chili, dan Saus Cajun.

Hal yang paling spesial dari menu BTS Meal adalah saus sweet chili dan saus cajun, yang merupakan saus favorit member BTS. Kedua saus ini gak bisa dibeli terpisah, cuma tersedia dalam paket menu BTS Meal.

Selain Indonesia, menu BTS Meal ini rencananya akan hadir di 48 negara lainnya di seluruh dunia. BTS Meal pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada 26 Mei 2021. Dikutip dari Business Insider, peluncuran menu ini terbukti ampuh meningkatkan kunjungan ke gerai McD Negeri Paman Sam hingga 12 persen selama sepekan pertama.

Di Indonesia sendiri, tidak diketahui sampai kapan BTS Meal tersedia. Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia Caroline Kurniadjaja saat Media Gathering McD x BTS cuma bilang kalau BTS Meal ini bakalan tetap ada sampai persediaannya habis.

Meski Caroline juga mengatakan kalau BTS Meals ini tidak hanya dijual dalam satu hari, gak mungkin ARMY Indonesia bisa ngabisin dalam 1x24 jam, bukan?

Ojek Online Kewalahan Terima Orderan BTS Meal

Gak cuma heboh di media sosial, BTS Meal juga bikin heboh gerai McD satu Indonesia yang kebanjiran pengunjung. Iya sih, menu BTS Meal ini dipesan lewat Drive Thru juga bisa, tapi antreannya gak main-main.

Alih-alih memesan langsung ke gerai McD, beberapa penggemar BTS lebih memilih untuk memesannya lewat online seperti aplikasi resmi McDelivery. Bahkan banyak juga yang memesannya lewat aplikasi pesan antar makanan online seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food.

Dari pantauan tim Opini, driver ojol yang mengantre di luar gerai McD banyak sekali hingga membuat antrean yang relatif panjang. Bahkan, ada pula unggahan video yang menunjukkan driver ojol yang memperlihatkan antrean melalui kamera depannya.

Ada pula driver ojol yang mendapat antrean ke-376 dan harus mengantre selama berjam-jam tanpa tau apa yang sebenarnya membuat banyak orang yang hendak membeli menu ini.

Beberapa Gerai McD Ditutup

Antrean yang mengular di sejumlah gerai McD di sejumlah daerah di Indonesia membuat pihak kepolisian akhirnya terpaksa menutup restoran asal Amerika Serikat tersebut. Penutupan ini dilakukan untuk pencegahan mata rantai COVID-19.

Salah satu antrean yang ditutup adalah yang terjadi di McDonald’s Puri Kembangan Jakarta Barat. Pihak Satlantas Jakarta Barat melakukan penindakan bersama dengan Dinas Perhubungan.

Selain itu, ada pula gerai McD yang ditutup, yakni di City Plaza Depok, Jawa Barat. Alasannya masih sama, yakni karena antrean driver ojol yang membludak karena pesanan menu BTS Meal.

Tak hanya di Jakarta dan Jawa Barat, antrean yang panjang juga terjadi di Semarang. Ini membuat Tim Satpol PP Kota Semarang akhirnya mengambil tindakan tegas dengan menutup restoran cepat saji McD Mall Ciputra. Simpanglima pada Rabu (9/6).

Penutupan dilakukan lantaran terjadinya kerumunan orang yang mengantre pesanan terutama dari para ojek online. Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, petugas mendapat laporan dari warga bahwa restoran Mc Donald's terjadi kerumunan.

Kemasan Bekas BTS Meal Dijual Online

Ngomongin soal makanan cepat saji, kebanyakan orang gak terlalu peduli sama kemasannya. Tapi kondisi ini beda ketika menu BTS Meal hadir di McDonald’s, sejumlah penggemar tampaknya rela mengeluarkan uang buat kemasan bekas BTS Meal.

Di Amerika Serikat, kemasan-kemasan bekas tersebut dijual di situs jual beli seperti eBay dan Amazon. Dilansir dari Fox News, 10 buah kantong kertas BTS Meal bekas dijual dengan harga $10 atau setara hampir Rp150.000.

Screenshot dari Tokopedia.
Screenshot dari Tokopedia.

Di Indonesia, momen ini tentu dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang ingin mendulang keuntungan dari momen perdana BTS Meal. Di e-commerce Tokopedia sudah ada seller yang menjual 3 paket kantong BTS Meal seharga Rp500.000. Dengan harga tersebut, pembeli akan mendapatkan 3 kotak nugget, 3 gelas minuman, dan 3 kantong kertas bertuliskan BTS Meal.

Dalam fenomena ini, terlihat bagaimana begitu saktinya nama BTS mempengaruhi penggemar membeli produk yang berkolaborasi dengan mereka, meski baru hari pertama. Jangan khawatir buat yang gak kebagian menu BTS Meal, kalian masih bisa coba esok hari. Jangan menyerah untuk antre!

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation