Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Industri Musik Juga Butuh Perhatian

Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak terhadap segala bidang kehidupan manusia, salah satunya adalah industri hiburan musik.

Bonavhisna Pandhita  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Pada akhir tahun 2019 pandemi Covid-19 mulai ditemukan di China. Tidak lama kemudian virus tersebut mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia. Penyebaran virus yang sangat cepat dan berbahaya menyebabkan segala bidang kehidupan terdampak oleh pandemi Covid-19, tidak terkecuali Indonesia. Seluruh bidang kehidupan terpengaruh oleh pandemi Covid-19 yang melanda. Termasuk industri hiburan musik yang pada keadaan normal sangat mengandalkan kerumunan penonton dalam penyelenggaraan konser musik.

Kerumunan menjadi hal yang penting dalam suksesnya konser musik yang digelar. Ketika pandemi Covid-19 melanda, tentu saja sangat mempengaruhi ekosistem industri musik yang berjalan. Bukan hanya konser musik yang tidak dapat lagi dilaksanakan, akan tetapi juga produksi hingga promosi karya musik itu sendiri. Ketika pandemi melanda, segala kegiatan yang menimbulkan kerumunan terpaksa harus berhenti. Keadaan ini diperparah ketika ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Beskala Besar (PSBB). Penerapan PSBB menyebabkan izin penyelenggaraan acara dicabut membuat pertunjukan musik yang sudah terencara terpaksa harus dibatalkan. Pembatalan berbagai acara ini menyebabkan kerugian bagi para pekerja kreatif.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation