Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Tetap Damai, Ini Daftar 21 Negara Tanpa Tentara

Kekuatan pertahanan yang tangguh jadi fondasi penting bagi suatu negara. Ini daftar negara tanpa tentara yang rakyatnya tetap hidup dalam kedamaian.

KONTRIBUTOR OPINI  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Pondasi bagi suatu negara untuk menjaga eksistensinya adalah melalui pembangunan kekuatan pertahanan yang tangguh. Seperti juga Indonesia dan banyak negara lainnya di dunia, memiliki angkatan bersenjata untuk matra Darat, Laut maupun Udara yang tugas utamanya menjaga kedaulatan negaranya masing-masing. Tapi ada juga loh negara-negara tanpa tentara.

Kekuatan militer bisa dibilang menjadi hal yang penting dalam membangun kekuatan suatu negara, dimanahal ini akan terukur dari kekuatan tempur yang maksimal hingga mampu melindungi negaranya dari pertikaian maupun ancaman negara lain.

Sejumlah prajurit Korps Marinir membidik sasaran tembak saat mengikuti 'cross country' Lomba Pentathlon di Kesatrian Marinir Baroto Sardadi, Marunda, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Lomba Pentathlon Marinir itu diikuti sebanyak 15 satuan batalyon di bawah jajaran Pasmar 1 yang meliputi halang rintang, cross country, menembak pistol dan senapan dan renang militer yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit Korps Marinir. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.
Sejumlah prajurit Korps Marinir membidik sasaran tembak saat mengikuti 'cross country' Lomba Pentathlon di Kesatrian Marinir Baroto Sardadi, Marunda, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Lomba Pentathlon Marinir itu diikuti sebanyak 15 satuan batalyon di bawah jajaran Pasmar 1 yang meliputi halang rintang, cross country, menembak pistol dan senapan dan renang militer yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit Korps Marinir. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Tapi, pada kenyataannya, ada 21 negara yang tetap damai dan tak ambil pusing dengan kekuatan militer alias tak punya pasukan tentara untuk melindungi negaranya. Sistem keamanan mereka terbatas pada polisi atau unit khusus. Berikut, beberapa negara yang tidak memiliki pasukan militer di dunia.

Negara tanpa angkatan bersenjata/pasukan militer resmi:

1. Andora

Urusan hukum, ketertiban dan beberapa tugas parlementer di negara ini, prinsipnya dilakukan oleh polisi. Untuk melindungi negaranya dalam kasus perang atau ancaman eksternal, Andora mendapat perlindungan dari negara-negara di perbatasan seperti Spanyol dan Prancis di bawah perjanjian militer yang terpisah. Namun meski begitu Andora memiliki tentara sukarelawan dalam jumlah kecil yang murni diperuntukkan bagi tujuan seremonial.

2. Dominika

Penghapusan pasukan tentara di Dominica dipicu oleh adanya kudeta militer, hingga akhirnya sejak tahun 1981 pihak pemerintah menghapuskan pasukan tentara selamanya. Guna melakukan pengamanan polisi bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri. Meski begitu tetap ada sistem keamanan regional, yang bertanggung jawab untuk pertahanan dari sebagian besar negara-negara di gugusan kepulauan Laut Karibia, Amerika Tengah.

3. Grenada

Gara-gara invasi Amerika yang menyebabkan negara kecil di kepulauan yang terletak di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia ini tak memiliki kekuatan militer sejak 1983. Guna menjaga keamanan internal dipegang oleh pihak kepolisian dan sistem keamanan regional negara-negara di gugusan kepulauan Laut Karibia bertanggung jawab untuk pertahanan.

Kesatuan pengamanan perairan St. Lucia. Sumber: RSS St. Lucia.
Kesatuan pengamanan perairan St. Lucia. Sumber: RSS St. Lucia.

4. St. Lucia

Sama seperti banyak negara Karibia lainnya, negara ini juga tidak memiliki tentaranya sendiri. Pertahanannya diawasi oleh Regional Security System Defense, yang bertanggung jawab atas sebagian besar negara Karibia. Negara ini memiliki kepolisian sendiri yang disebut Kepolisian Kerajaan Saint Lucia, yang menjaga keamanan dalam negeri.

5. St. Vincent dan Grenadines

Negara di kepulauan Karibia lainnya yang tanpa tentara adalah St Vincent dan Grenadines. Sama seperti negara-negara Karibia lainnya, negara ini juga mendapat perlindungan dari Sistem Keamanan Daerah.

6. Kiribati

Negara Kiribati tak memiliki kekuatan tentara sejak berdiri sendiri pada tahun 1978. Kiribati merupakan negara kecil yang sebenarnya negara konglomerat dari tiga kelompok pulau yaitu Kepulauan Gilbert, Kepulauan Phoenix dan Kepulauan Line. Guna menjaga pertahanan dan keamanan maka Australia dan Selandia Baru memberikan bantuan pertahanan ke negara ini bila diperlukan.

7. Liechtenstein

Pasca-perang Austro-Hongaria di tahun 1868 kerajaan kecil di antara Swiss dan Austria ini menghapuskan pasukan militernya, karena pembiayaan untuk pasukan militer dianggap mahal oleh negara ini. Untuk menjaga ketertiban dan ketenteraman, Liechtenstein mengandalkan pasukan kepolisian nasionalnya.

8. Kepulauan Marshall

Berdasarkan perjanjian 1983, Kepulauan Marshall berstatus negara berdaulat. Namun, negeri ini juga memiliki pakta dengan Federasi Negara-negara Mikronesia dan Palau. Amerika Serikat menjadi pelindung ketiga negara ini dan Kepulauan Marshall tak perlu memiliki militer reguler. Untuk menjaga keamanan dan menegakkan aturan, Kepulauan Marshall memiliki kesatuan kepolisian.

9. Mikronesia

Negara Federasi Mikronesia juga tidak memiliki tentara sendiri. Seperti juga kepulauan Marshall, negara Mikronesia juga dilindungi oleh Amerika Serikat yang memiliki wewenang dan bertanggungjawab penuh atas pembelaan negara ini.

10. Nauru

Nauru juga tidak memiliki tentara sendiri. Australia bertanggung jawab atas pembelaannya. Namun, negara ini memiliki satuan kepolisian yang kompeten untuk menjaga keamanan internal negara. Nauru merupakan salah satu negara terkecil di dunia menurut wilayah dan populasi.

11. Palau

Sejak berdirinya negara tersebut, mereka tidak memiliki tentara tetap. Satu-satunya kekuatan yang diizinkan adalah polisi. Negara ini memiliki 30 orang Maritime Surveillance Unit yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri. Bantuan pertahanan disediakan oleh Amerika Serikat di bawah Compact of Free Association.

12. Samoa

Samoa adalah sebuah negara merdeka yang terletak di Selatan Samudera Pasifik. Negara ini merdeka dari New Zealand pada tahun 1962. Sejak pertama kali dibentuk, Samoa tidak memiliki unit militer. Meski tidak memiliki unit militer, negara kecil ini masih memiliki pasukan kepolisian dalam jumlah kecil, dan unit pengawas Maritim untuk keamanan internal. Sesuai dengan pact of relationship 1962, Selandia Baru bertanggung jawab untuk pembelaan jika Samoa terancam.

13. Kepulauan Solomon

Awalnya, negara ini mempertahankan kekuatannya sendiri. Namun setelah terjadi konflik etnis yang berat, yang memaksa negara-negara seperti Australia dan Selandia Baru ikut campur tangan, Kepulauan Solomon tidak mempertahankan lagi pasukan militernya. Namun, negara ini memiliki kepolisian yang relatif besar.

14. Tuvalu

Sejak berdirinya negara ini, Tuvalu tidak memiliki pasukan militer sendiri. Sama seperti banyak negara lain, negara ini juga memiliki kepolisian tersendiri yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri.

Garda Swiss pasukan penjaga keamanan Kota Vatican. Sumber: Britannica.
Garda Swiss pasukan penjaga keamanan Kota Vatican. Sumber: Britannica.

15. Kota Vatikan

Negara terkecil di dunia ini tidak memiliki kekuatan militer sendiri. Namun, ia mempertahankan sebuah Gendarmerie Corps untuk kepolisian internal. Meski tidak ada kesepakatan pertahanan formal dengan Italia, secara informal, militer Italia melindungi Kota Vatikan.

Dua pengawal kepausan terakhir yaitu Noble Guard dam Palatine Guard dihapuskan Paus Paulus VI pada 1970. Kini satu-satunya kelompok yang bisa dianggap sebagai perwujudan militer di Vatikan adalah Garda Swiss yang bertugas menjaga keamanan Paus.

Negara tanpa pasukan militer tetap tapi memiliki kekuatan militer terbatas:

1. Kosta Rika

Pada 1948, negara ini dilanda perang sipil. Setelah perang saudara tersebut, Kosta Rika menghapuskan angkatan bersenjata. Negara ini adalah salah satu negara terbesar tanpa angkatan bersenjata. Keamanan internal dikelola oleh kepolisian. Meski terjadi konflik di perbatasan dengan Nikaragua, Kosta Rika masih melakukan perlawanan karena ada tentara yang berdiri sendiri.

Pasukan pengamanan dalam negeri Monaco. Sumber: force-publique.net
Pasukan pengamanan dalam negeri Monaco. Sumber: force-publique.net.

2. Monaco

Negara kecil ini tak memiliki tentara sejak abad ke-17. Menariknya, Monako tetap memiliki dua unit militer kecil. Satu unit bertugas untuk melindungi Pangeran dan unit kedua untuk melindungi warga. Sementara Prancis bertanggung jawab untuk pertahanan Monako.

3. Panama

Negara ini tak memiliki angkatan bersenjata sejak 1990. Tapi Panama memiliki pasukan khusus yang disebut Panamanian Public Forces yang bertanggungjawab atas keamanan internal dan masalah perbatasan.

4. Vanuatu

Vanuatu tidak memiliki pasukan yang berdiri sendiri. Namun, negara ini memiliki pasukan yang disebut angkatan mobile Vanuatu yang menjaga keamanan dalam negeri dan dilengkapi dengan senjata ringan.

5. Islandia

Tak memiliki angkatan bersenjata tetap sejak 1869, tetapi merupakan anggota aktif NATO. Terdapat sebuah perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat, yang menempatkan Angkatan Pertahanan Islandia dan sebuah markas militer di negara tersebut dari 1951 sampai 2006. Namun, AS mengumumkan masih akan menyediakan pertahanan kepada Islandia, tetapi tanpa pasukan yang bermarkas permanen di negara tersebut.

6. Mauritania

Mauritania tak memiliki angkatan bersenjata tetap sejak 1968. Seluruh militer, kepolisian dan fungsi keamanan dipegang oleh 10,000 personil yang aktif bertugas di bawah komando Komisioner Kepolisian. Angkatan Kepolisian Nasional beranggotakan 8,000 orang bertanggungjawab untuk penegakan hukum domestik.

Terdapat juga Angkatan Bergerak Khusus beranggotakan 1,500 orang, dan Garda Pesisir Nasional beranggotakan 500 orang, yang keduanya dianggap merupakan unit paramiliter. Kedua unit tersebut dilengkapi dengan persenjataan kecil.

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation