Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Sisi Lain Globalisasi yang Mulai Meredupkan Tradisi Masyarakat

Teknologi yang berkembang akibat globalisasi membuat masyarakat mulai lepas akan tanggungjawab sebagai penerus tradisi masyarakat.

Dwi Fadilah  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Semakin lama negara di seluruh belahan dunia mengalami perkembangan yang semakin maju. Hal ini didominasi oleh pengaruh globalisasi yang sudah berkembang di setiap negara, termasuk Indonesia. Globalisasi datang dengan membawa kemajuan di seluruh bidang, termasuk ilmu pengetahuan, teknologi, serta aspek lain seperti sosial dan budaya. Sudah pasti apabila dilihat dari kemajuan yang dibawa, globalisasi berdampak positif bagi Indonesia. Contohnya saja pada bidang teknologi, globalisasi menjadikan teknologi semakin canggih yang tentunya membawa keberuntungan bagi masyarakat Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi zaman dahulu hingga sekarang. Zaman dahulu, gawai hanya dapat digunakan untuk pesan teks dan telepon saja, tetapi saat ini hampir seluruh gawai yang digunakan oleh masyarakat Indonesia sudah dilengkapi internet yang lebih memudahkan dalam segala hal. Misalnya saja untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, gawai sudah lebih nyaman dan hemat untuk digunakan tanpa membutuhkan pulsa, lalu untuk mencari sumber pengetahuan atau berita pun lebih praktis karena ada internet yang dengan mudah mencari referensi yang dibutuhkan secara luas dan tidak perlu pergi ke perpustakaan terlebih dahulu, serta manfaat lainnya yang didapatkan.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation