Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Cash Wakaf, Stimulus UMKM di Masa Pandemi yang Kurang dilirik

Bapak Presiden telah mengumumkan perluasan pemanfaatan wakaf pada januari 2021, akan tetapi eksistensinya masih kurang didukung.

Nur Habibah Asri  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Salah satu permasalahan yang dihadapi negara Indonesia sejak pandemi COVID-19 ini adalah masalah ekonomi. Pelaku ekonomi yang cukup terkena imbas salah satunya ialah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Tercatat sekitar 30 Juta UMKM terkena imbas dari kondisi ekonomi di era pandemi. Salah satu permasalahan yang paling umum ialah masalah permodalan. Meskipun pemerintah telah menerapkan bantuan kepada UMKM seperti adanya dana BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro). Padahal UMKM termasuk penopang perekonomian di Indonesia. Namun, bantuan tersebut masih belum memaksimalkan UMKM di Indonesia.

Ada banyak sekali penawaran pembiayaan untuk pelaku usaha, namun persyaratan yang cukup sulit menjadi kendala bagi pelaku UMKM tersebut. Micro financing adalah salah satu penawaran permodalan yang cukup tidak mempersulit pelaku usaha. Wakaf adalag salah satu instrumen sosial dan ekonomi dalam ekonomi islam yang berbasis micro financing.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation