Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Prediksi Tenggelamnya Jakarta dan Siasat Regulasi

Jakarta dinobatkan sebagai kota paling berisiko terhadap perubahan iklim dunia. Apakah siasat regulasi dapat mencegahnya?

Aloysius Eka Kurnia  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Sebuah perusahaan konsultan risiko dan strategis global Verisk Maplecroft baru-baru ini mempublikasikan sebuah laporan mengenai 400 kota di dunia yang berisiko tinggi terdampak bahaya perubahan iklim global. Mengejutkannya, Ibukota Negara Indonesia menempati urutan pertama sebagai kota yang paling berisiko menghadapi dampak dari perubahan iklim global tersebut.

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Jakarta tidak sendirian mendapat predikat sebagai kota paling berisiko dalam menghadapi efek perubahan iklim global. Surabaya dan Bandung juga masuk sebagai 10 besar kota yang paling berisiko dalam penelitian yang dilakukan oleh perusahaan konsultan yang berbasis di Inggris itu. Hanya saja yang membedakan antara dua kota lainnya dengan Jakarta adalah perihal prediksi tenggelamnya Jakarta yang juga disebut dalam laporan itu. Laporan yang memuat prediksi tenggelamnnya Jakarta seolah mengkonfirmasi sejumlah laporan yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation