Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Teknologi OLED Samsung Terbaru Bisa Dilipat 3, Akankah Saingi Iphone?

Samsung ancang-ancang akan kembangkan teknologi OLED Samsung terbaru layar lipat 3 yang akan diterapkan pada macam-macam gadget ciptaannya.

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Teknologi raksasa Korea Selatan, Samsung kembali menggugah para gadgetgeex dengan teknologi OLED Samsung terbarunya. Gimana gak? Setelah mengeluarkan Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold yang sudah bikin geger Samsung Fan, kini raksasa teknologi asal Korea Selatan ini perkenalkan teknologi layar lipat yang lebih canggih. Teknologi ini menawarkan konsep baru lipat 3 dan geser.

Mungkin LG dan Oppo yang lebih dahulu mengembangkan layar gulung akan tertawa sambil merasa getir. Pasalnya, teknologi terbaru OLED lipat 3 hasil pengembangan Samsung Display, divisi pengembangan teknologi layar untuk gadget, terbilang cukup revolusioner di kelasnya.

Prototype Teknologi OLED Samsung pada Smartphone/The Verge
Prototype Teknologi OLED Samsung pada Smartphone/The Verge

Konsep teknologi OLED Samsung lipat 3 diaplikasikan dalam smartphone berukuran maksimal 7,2 inci. Ini lebih kecil dari Samsung Z Fold dengan ukuran maksimal 7,6 inci. Namun, Pada konsep ini layar ponsel pintar bisa dilipat 3 kali. Ibarat seperti melipat uang Rp 100 ribu biar gampang masuk kantong.

Tonton juga:

Lo kegilaan main video game sampai lupa waktu? Apa genre game dan platform favorit buat lo ngegame?

Dalam sebuah video, Samsung Display juga menampilkan konsep layar yang lebih besar. OLED lipat 17 inci yang berukuran tablet saat dilipat dan dapat berfungsi sebagai monitor saat dibuka. Tablet lipat tersebut juga mempunyai fitur canggih berupa kamera depan yang transparan. Ini menjadi nilai plus dalam desain tablet Samsung terbaru bergaya minimalis yang akan menjadi tren ke depan.

Selain bisa dilipat, laptop Samsung dengan layar OLED gak memiliki keyboard fisik. Keyboard muncul dalam layar OLED dalam bentuk digital sehingga membuatnya terlihat semakin minimalis.

Terakhir, Samsung juga memamerkan teknologi panel edge to edge. Di mana tampilan pinggir layar bisa memperlebar jika digeser. Teknologi ini layar OLED juga dilengkapi dengan cahaya layar yang rendah kalibrasi biru dan putih yang bisa merusak mata. Fitur ini bisa memanjakan mata pengguna Samsung supaya gak gampang sakit.

Pengenalan teknologi OLED Samsung lipat 3 diperkenalkan dalam bentuk prototype oleh Samsung di Display Week 2021.

Protoype Iphone Fold yang sedang dikembangkan Apple/Iphone Hacks
Protoype Iphone Fold yang sedang dikembangkan Apple/Iphone Hacks

Iphone Juga Ikut-ikutan Bikin Smartphone Fold

Perusahaan teknologi Korsel lain, LG juga punya LG Rollable dengan layar yang bisa digulung seperti tirai. Ini jadi smartphone andalan LG terakhir setelah memutuskan untuk gak melanjutkan produksi smartphone.

Oppo juga punya teknologi yang sama di seri OPPO X. Teknologi serupa yang punya khasiat sama dengan Samsung Foldable, yaitu mengecilkan tampilan smartphone dari dimensi sesungguhnya.

Bagaimana dengan Iphone? Iphone seri lipat baru diperkenalkan pertama kali Februari kemarin. Apple akan menjanjikan Iphone Fold pada tahun 2023.

Bentuk Iphone Fold bisa dibilang kurang lebih sama dengan Samsung Z Fold yang sudah rilis terlebih dahulu. Ukurannya sekitar 7,5 atau 8 inci jika dibuka secara utuh. Engsel lipatan akan tersembunyi untuk meningkatkan estetika.

Kabarnya Iphone akan menggunakan ceramic sebagai bahan layar yang lebih sempurna. Kemungkinan ini bisa menutupi kelemahan dari Samsung Z Fold dan Flip yang lipatannya terlihat jika ditekuk secara penuh karena menggunakan kaca dan plastik.

Kalau Samsung Z Fold saja dibanderol Rp 38 juta, smartphone Samsung layar OLED lipat 3 bisa lebih mahal. Begitu juga dengan Iphone Fold yang akan lebih mahal dari Samsung.

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation