Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Bukan Kejahatan Menghukum Kejahatan, Ini yang Bisa Melawannya

Tulisan ini memaparkan tentang kejahatan itu harus dilawan dengan nalar, jaringan dan kerja sama, bukan dengan emosi atau ilusi.

Pram  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Hanya kejahatan yang dapat menghukum kejahatan, tekan consigliere, Vincenzo Cassano saat memasuki pengadilan. Vincenzo Cassano adalah serial drama korea (drakor) dengan latar mafia Italia. Penulis drakor ini, Park Jae Bum mengakui kalau inspirasi cerita ini berasal dari kata "mafia" yang kerap muncul dalam tayangan berita di Korea Selatan. Melalui drakor ini, Park berupaya memotret geliat kejahatan di Korea Selatan dengan ikon yang asing bagi masyarakat. Secara historis, "mafia" lahir di tengah situasi Sisilia sedang terpuruk sehingga dibangun sebuah persaudaraan sebagai bentuk proteksi lokal dari ancaman asing. Seperti kita ketahui, menjelang dan di tengah Abad Pertengahan, Eropa mendapat gempuran dari bangsa asing yang menganeksasi dan merepresi wilayahnya. Situasi itu mendesak mereka untuk kreatif dan koersif terhadap bangsa asing demi menjaga diri dan wilayahnya.

Namun, drakor ini agak unik sehingga melampaui film-film mafia umumnya. Letak keunikannya adalah mafia sebagai anti-hero yang memberantas kejahatan dengan kejahatan dan ia berpihak pada sisi masyarakat marjinal yang sama sekali tidak memiliki hubungan genetis dan ideologis. Sebuah imajinasi yang sangat jauh dari gambaran mafia Italia. Tampaknya, imajinasi mafia sebagai anti-hero adalah sebuah kritik sosial sekaligus harapan di tengah geliat kejahatan struktural yang tidak ada hentinya. Sialnya, kejahatan itu ditopang oleh orang-orang yang seharusnya mencegah dan menghukumnya. Saking kacaunya balaunya realitas, maka muncul imajinasi mafia yang menghukum orang-orang jahat itu secara etis. Pemeran Cassano, Song Joong-ki, juga menangkap frekuensi serupa. Baginya, drakor besutan Park Jae Bum sarat dengan masalah sosial sehingga ada sisipan penegakan hukum atas kejahatan.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation