Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Penegakan HAM di Antara Proses Globalisasi pada Generasi Milenial

Apakah proses globalisasi turut andil pada kasus-kasus mengenai HAM yang sering terjadi belakangan ini pada generasi milenial?

Disti Nurshiami  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Kita saat ini telah memasuki zaman millenial atau era modern yang sebagian besar kegiatannya tidak terlepas dari teknologi. Teknologi hidup bersama manusia dan bahkan teknologi bisa dikatakan menguasai manusia. Secara tidak sadar, seperti yang sering kita jumpai sebagian manusia ada yang melakukan ujaran kebencian dengan menggunakan teknologi tersebut yang akhirnya timbullah pelanggaran HAM seperti pembulian dan sebagainya.

Norman dan Lindsay (1997: 405-410) menyatakan ketika kita meminta suatu respon kepada orang lain mengenai benar atau salahnya pernyataan kita, maka orang itu akan menggali memori atau pengetahuannya dan kemudian mencocokkan dengan pernyataan tadi. Menurut pandangan dari Piaget (Schunk, 2012: 331) terdapat empat faktor yang memengaruhi perkembangan struktur pengetahuan, di antaranya: pertumbuhan biologis, pengalaman di lingkungan sosial, pengalaman di lingkungan fisik, dan ekuilibrasi. Ekuilibrasi ini mengkoordinasikan aksi-aksi dari tiga faktor sebelumnya yang kemudian membuat struktur realitas dan mental (Nadiroh & budiaman, 2016). Dapat dilihat, bahwa seseorang bisa membedakan mana yang benar dan salah yaitu dengan mengandalkan pengetahuannya, sedangkan pengetahuannya itu didapat melalui faktor yang telah disebutkan di atas. Maka, jika seseorang secara terus-menerus menjadi korban atau pelaku dalam dampak negatif teknologi, bukan tidak mungkin jika ia menjadi sulit membedakan mana perbuatan yang benar dan mana yang salah.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation