Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Memahami Peta Konflik Palestina, Antara Jalur Gaza dan Tepi Barat

Gaza dan Tepi Barat merupakan wilayah resmi Otoritas Palestina. Namun, apakah keduanya memiliki nasib dan status yang sama?

Nadhil Saktya  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Palestina atau Otoritas Palestina merupakan sebuah wilayah yang terletak di sebelah barat Yordania dan berbatasan dengan Mesir di wilayah selatan. Secara geografis Palestina memiliki dua wilayah administratif yang terbentang di bagian barat dan selatan, wilayah tersebut ialah Jalur Gaza dan Tepi Barat (West Bank), sedangkan Kota Tua Jerusalem dianggap oleh PBB sebagai wilayah netral atau wilayah bersama yang dimiliki oleh Israel maupun Palestina.

Namun sikap Amerika Serikat yang pernah terjadi beberapa tahun lalu saat Presiden Donald Trump mengakui pemindahan ibu kota Israel dari Tel-Aviv menuju Yerusalem nampaknya mencederai keputusan PBB dan mengancam perdamaian di Timur Tengah. Keputusan AS tersebut ditentang oleh banyak pihak terutama oleh negara-negara muslim di dunia, sedangkan Turki membalas klaim Amerika Serikat dengan mengatakan bahwa Yerusalem Timur sebagai ibukota Palestina yang sah.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation