Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Berhenti Menyusahkan Diri Sendiri

Sebaik-baik orang adalah yang memaksimalkan kemampuan tanpa harus terlalu semangat melakukannya sehingga menguras hampir seluruh w

Sa'idatul Wafiyah  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Saudaraku, sering memperdebatkan dan memperbandingkan hal-hal kecil ibarat memelihara ketombe di rambut kepala. Menyisik, mengganggu, dan merusak konsentrasi. Kita sering berdebat tentang apa yang dimilki orang lain. Kita sering mengatakan bahwa kita punya lebih jelek atau lebih bagus dengan yang mereka punya. Hal itu sama sekali tidak jelas kegunaannya. Ini kebiasaan yang mebadzir, membuang waktu dan akan menjadi virus jika tidak menyadarinya.

Banyak orang bijak yang berkata bahwa banyak hal bermula dari hal-hal kecil. Seseorang penipu ulung akan belajar berbohong dulu. Seorang penggunjing akan mulai dengan bisik-bisik dulu sebelum menjadi penghibah paling piawai. Jika kita tidak sadar, mungkin saja kita tidak akan pernah tau mengapa kita bisa jadi pribadi yang menyebalkan, baik bagi diri sendiri atau orang lain. Disisi lain, ada banyak kebaikan yang juga dapat dimulai dari hal-hal kecil. Mengapa tidak kita dorong energi kita kearah sana? Bukanlah kita tau, seorang ahli ibadah, bagaimanapun mulai belajar membaca dari huruf alif yang bentuknya sederhana. Seorang pemimpin sebuah perasaan sekali menjadi pemimpin ulung jika ia merangkak dari bawah.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation