Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Operasi Ali Moertopo dalam Pusaran Politik Indonesia

Kondisi politik saat ini, membuat publik bertanya-tanya. Karena, adanya kemiripan dengan era Ali Moertopo, ketika beliau berkuasa.

kevindenny_  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Mungkin nama tersebut, sudah tidak asing dalam benakan dan memori kita. Seperti yang kita ketahui, beliau merupakan perwira loyalis Soeharto ketika Indonesia berada pada cengkraman awal-awal di masa Orde Baru. Beliau, merupakan sosok perwira tinggi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang kerap melakukan berbagai operasi-operasi injelijen, guna mengamankan posisi Soeharto sebagai Presiden Indonesia yang kedua. Bahkan, banyak literatur yang menyebut beliau, sebagai arsitek Orde Baru.

Bagaimana tidak, beliau merupakan tokoh yang sangat menarik untuk dibahas, dan dikaitkan dengan fenomena politik saat ini. Tokoh yang acapkali melakukan rekayasa politik, dengan menggagas fusi partai, konsep floating mass (massa mengambang), penggalangan massa Darul Islam atau Tentara Islam Indonesia (DI/TII), menormalisasi hubungan Indonesia-Malaysia, pernah mensukseskan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada tahun 1969 di Irian Jaya, dan masih banyak lagi peran Ali Moertopo bagi negeri ini, yang mungkin saja kepanjangan jika dituliskan dalam opini singkat ini. Sebelumnya, penulis ingin menjelaskan mengenai penulisan opini ini didasari kemiripan kondisi sosial politik Indonesia era beliau berkuasa dan era sekarang. Pertama, ketika adanya pelemahan suara umat Islam dalam berpolitik.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation