Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, Solusi atau Basa-basi?

6 Mei 2021 PLTsa pertama di Indonesia diresmikan. Sebagian menilainya sebagai solusi, tapi tak sedikit yang melihat itu basa-basi.

Aloysius Eka Kurnia  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Kamis, 6 Mei 2021 yang lalu Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya meresmikan instalasi Pengolah Sampah menjadi Energi Lisrik (PSEL) atau Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Benowo Surabaya, Jawa Timur. Pada peresmian yang turut dihadiri oleh Menteri ESDM, Menteri Sosial, Gubernur Jawa Timur, dan Wali Kota Surabaya tersebut, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Surabaya yang sangat cepat dalam mengeksekusi pembangunan PLTSa dibandingkan dengan 7 Kota lainnya.

https://cdn.opini.id/opini3_question_image/8rPJHkCxBNCAN3y2jncu
Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri ESDM, Menteri Sosial, Gubernur Jawa Timur, dan Wali Kota Surbaya saat peresmian PSEL di TPA Benowo Surabaya, Jawa Timur (dok. Humas Kemensos)

Presiden Joko Widodo juga menceritakan bagaimana keinginan untuk membangun PLTSa telah ada sejak dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo, namun tidak pernah dapat direalisasikan. Sejumlah hambatan seperti kurangnya payung hukum, urusan tipping fee, legalisasi barang daerah, hingga skema pembiayaan menjadi persoalan bagi Pemda sebelum Perpres No. 35 Tahun 2018 dikeluarkan oleh Pemerintah.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation