Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Siapkah Kampus Menggelar Kuliah Offline?

Wacana kuliah offline di kampus mulai terealisasi, apakah pihak perguruan tinggi siap menghadapi berbagai hal kedepannya?

Fachri Elwansyah  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Setahun lebih telah berlalu sejak seluruh perguruan tinggi di Indonesia melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online. Terhitung sejak semester genap tahun ajaran 2019/2020 hingga bulan Mei 2021 ini, segala kegiatan kampus di seluruh Indonesia dilaksanakan secara online guna mencegah penyebaran virus corona di Indonesia. Berbagai spekulasi terkait kapan kuliah mulai dilakukan secara offline pun terus menerus bermunculan di berbagai media.

Mahasiswa di Indonesia pun sudah jenuh dengan kuliah yang setahun ini telah berjalan online. Meski telah setahun lebih berjalan, kuliah online masih dirasa tidak efektif. Hal utama yang menjadi sorotan adalah keterbatasan akses internet di seluruh daerah di Indonesia yang tidak merata. Pemerintah telah membuat upaya dengan memberi bantuan kuota internet gratis bagi seluruh mahasiswa dan pelajar, akan tetapi stabilitas jaringan internet masih menjadi kendala utama bagi mahasiswa khususnya di daerah yang akses internetnya masih terbatas dan kurang memadai.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation