Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Tren Penurunan Kasus : Sense of Crisis COVID-19 Jangan Padam

Masyarakat perlu terus mengingat masa sulit ketika beraktivitas pun dilarang saat kasus COVID-19 terus meningkat pada saat itu

Sarahwati Manurung  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Setahun lebih sudah berlalu, pandemic COVID-19 tidak kunjung berakhir dan dampaknya dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia bahkan di dunia serta dampak kebijakan penanggulangan COVID-19 mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tahun 2020 menjadi tahun yang sangat berat bagi masyarakat akibat krisis kesehatan dan ekonomi serta kasus positif yang terus meningkat. Berbagai protokoler kebijakan dikeluarkan pemerintah sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 seperti Social Distancing, Pembatasan sosial berskala besar dan sebagainya.

Masyarakat diharapkan harus tetap waspada terhadap pandemic COVID-19 dengan tetap mengetahui gejala klinis COVID-19 seperti demam, batuk, pilek, gangguan tenggorokan dan pernapasan sampai tidak dapat mencium bau serta tetap mematuhi protokoler kesehatan dari pemerintah seperti menggunakan masker kapanpun dan dimanapun, sering mencuci tangan menggunakan sabun, meminimalisir kontak yang perlu dengan benda dan hewan, konsumsi gizi seimbang dan rajin berolahraga agar tubuh tidak mudah terserang virus. Dr Riris Andono, Epidemiologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKM) Universitas Gadjah Mada, mengatakan bahwa seharusnya kewaspadaan (Sense of Crisis) tinggi dapat meminimalisir penyebaran virus.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation