Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Mengenal ARD yang Jaga Lift Tetap Aman Apabila Listrik Padam

Masih banyak masyarakat yang khawatir ketika menaiki lift. Namun, sebenarnya lift memiliki sistem tersendiri agar tetap aman.

Rifa Syabila  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Saat bepergian ke gedung-gedung bertingkat, tentu saja kita sering melihat dan menggunakan lift. Lift adalah salah satu jenis transportasi vertikal yang sangat popular dan banyak digunakan pada fasilitas umum seperti perkantoran, kampus, mall, stasiun dan lain sebagainya. Lift menjadi pilihan utama, karena lebih efisien dan nyaman digunakan oleh kalangan masyarakat, terutama untuk lansia dan penyandang disabilitas.

Pada zaman dahulu, sistem yang digunakan pada lift masih sangat sederhana. Umumnya, lift menggunakan prinsip kerja katrol yang sering ditemukan di sumur untuk menimba air. Pada sistem ini, masih digunakan tenaga kerja manusia dalam pengoperasiannya. Seiring berkembangnya zaman, banyak didirikan bangunan-bangunan bertingkat sehingga lift menjadi kebutuhan. Pada tahun 1854 seorang pengawas pabrik yang bernama Elisha Graves OTIS menemukan sistem keselamatan lift untuk pertama kalinya yang dikenal dengan safety break. Sistem ini menjaga lift agar tetap pada posisi apabila tali yang menghubungkan lift dengan katrol terputus, temuannya ini dipatenkan dan menjadi dasar dari sistem keamanan lift yang dikembangkan hingga sekarang. Pada tahun 1857, Otis merancang dan membangun lift di New York dengan menggunakan tenaga uap sebagai penggerak mesin. Karena menekuni bidang ini, pada 1861 beliau beserta rekannya mendirikan pabrik lift pertama di dunia.

Baca Selengkapnya
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation