Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Larangan Mudik: Berkah Bagi Kaum yang Bosan Ditanya Kapan Nikah

Larangan mudik justru memberikan excuse bagi banyak orang untuk tidak pulang dan diberedel pertanyaan kapan nikah. Benarkah?

imam.marbun  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Lebaran tinggal menghitung hari. Momen tahunan paling membahagiakan bagi umat muslim sedunia, dua tahun terakhir ini sedikit ternoda. Akibat pandemi, pemerintah Indonesia melarang masyarakat untuk mudik karena dikhawatirkan akan memperluas sebaran virus ke daerah. Banyak dari kita yang merasa sedih karena harus menghabiskan momen lebaran di perantauan. Sebagian orang mengakalinya dengan berangkat ke kampung sebelum tenggat waktu larangan mudik. Akan tetapi, tanpa bermaksud insensitif bagi yang tidak bisa mudik, tetapi ada banyak juga lho di antara kita yang merasa bersyukur dengan adanya larangan mudik tersebut, salah satunya saya.

Ketika mencapai usia di atas 25 tahun, pertanyaan "Kapan nikah?" akan menjadi hantu yang sering muncul tiba-tiba tanpa kita duga. Bisa dari orang tua, teman tongkrongan, atau rekan kerja. Dan pertanyaan ini seakan teramplifikasi menjadi pertanyaan wajib yang disampaikan ketika momen silaturahmi lebaran oleh bapak, ibu, om, tante, kakek, nenek, dan tetangga-tetangga di kanan kiri rumah.

Baca Selengkapnya
Add comment
DITULIS OLEH
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation