Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Viral Amer Campur Susu, Ini Daftar Bahan yang Bahaya Kalo Dioplos

Belakangan ini ramai di jagat media sosial, tepatnya Twitter, ada video seorang penjual miras yang membuat minuman amer campur susu.

Edo Juvano  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Belakangan ini ramai di jagat media sosial, tepatnya Twitter, ada video seorang penjual miras yang membuat minuman amer campur susu. Tak hanya susu, dalam video itu juga miras dicampurkan dengan minuman bersoda untuk dijadikan minuman semacam cocktail.

Minuman Oplos Bahaya Buat Kesehatan

Fenomena tersebut dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan atau bahkan sampai menimbulkan korban jiwa. Pasalnya, susu yang kaya akan kalsium dan proteinnya tinggi, bisa berubah menjadi racun ketika dicampur dengan minuman beralkohol.

Minuman beralkohol sebenarnya dapat dapat membantu menjaga kesehatan jika dikonsumsi dengan kadar tertentu. Tapi kalau berlebihan atau dicampur, minuman ini bisa menyebabkan keracunan. Risikonya pun meningkat saat alkohol atau miras dioplos dengan bahan berbahaya lainnya.

Sudah banyak pula korban miras oplosan yang terus bertambah. Dampaknya beragam, mulai dari mengalami kebutaan, sampai bahkan meninggal dunia. Berikut daftar jenis miras oplosan yang sering ditemukan serta bahayanya.

1. Miras Campur Susu

Ini adalah salah satu jenis oplosan yang sering memakan korban jiwa karena keracunan. Nama lainnya adalah “susu macan”. Biasa ditemukan di warung-warung miras tradisional. Pada umumnya, penyebab keracunan bukanlah dari kandungan susunya, melainkan jenis alkohol yang dipakai sebagai campurannya. Karena umumnya memakai alkohol tradisional, jenis dan kadar alkoholnya sering tidak diketahui oleh peminumnya.

Photo by Christian Bowen on Unsplash
Photo by Christian Bowen on Unsplash

2. Miras Campur Minuman Berenergi

Peminum minuman keras suka menambahkan suplemen minuman berenergi ke dalam minumannya, dengan alasan demi mendapatkan cita rasa yang sedap. Campuran ini bisa mengurangi rasa pahit atau menyengat pada minuman dengan kadar alkohol yang tinggi.

Kadar alkohol dalam jenis oplosan yang sering disebut “sunrise” ini memang berkurang, tapi efek samping yang dihasilkan juga luar biasa. Alkohol dan minuman berenergi punya sifat yang berlawanan bagi tubuh. Alkohol bersifat menenangkan, sedangkan minuman berenergi bersifat sebagai stimulan. Maka kalau digabungkan, meminum campuran ini bisa mengakibatkan gagal jantung.

3. Miras Campur Minuman Bersoda

Minuman beralkohol yang dioplos dengan minuman bersoda juga tidak kalah populernya. Salah satu nama jenisnya bernama “Mansion Cola”, terdiri dari campuran Vodka dan minuman bersoda. Banyak orang mencampur dua bahan minuman ini untuk mengurangi rasa tidak enak pada minuman beralkohol.

4. Miras Campur Spiritus atau Jenis Miras Lain

Tujuan lain dilakukannya pengoplosan minuman keras di warung-warung tradisional adalah untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Misalnya, ada minuman yang harganya mahal seperti Vodka, dijual dengan harga yang lebih murah jika dicampur dengan spiritus. Banyak juga campuran minuman keras lain yang tidak jelas kandungan alkoholnya sehingga dapat menyebabkan keracunan.

Photo by Andreas M on Unsplash
Photo by Andreas M on Unsplash

Padahal faktanya, jenis alkohol yang aman dikonsumsi adalah alkohol dengan dua atom karbon atau etanol, itu juga boleh dikonsumsi hingga takaran tertentu saja. Sementara alkohol dengan satu atom karbon atau methanol, tidak boleh dikonsumsi karena beracun. Metanol biasa digunakan sebagai pelarut atau bahan bakar. Dilansir dari School of Clinical Medicine University of Cambridge, 10 ml methanol saja cukup untuk menyebabkan kebutaan, sedangkan 30 ml akan menyebabkan kematian.

5. Miras Campur Obat-obatan

Banyak orang yang mencampurkan miras dengan obat-obatan untuk mendapatkan efek yang lebih memabukkan, atau sekedar unjuk keberanian alias adu nyali. Obat-obatannya beragam, mulai dari obat tetas mata, sakit kepala, sampai obat nyamuk.

Mengonsumsi obat-obatan akan meningkatkan aktivitas metabolism dalam tubuh. Oleh karenanya, efek samping paling mungkin terjadi karena jenis oplosan ini adalah kerusakan hati dan ginjal. Selain itu masih banyak efek yang dihasilkan tergantung jenis obatnya.

Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation