Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Sudahi Content Eksploitasi Kesedihan Korban Kecelakaan Sriwijaya Air

Cukup yaa mengumbar kesedihannya. Selain menyinggung privasi korban kecelakaan Sriwijaya Air, kita jadi gak belajar sama peristiwa bencana.

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Duka masih menyelimuti korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 di wilayah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Namun, banyak media dan content di media sosial cenderung eksploitasi kesedihan di bencana kecelakaan pesawat ini. Tangis keluarga ditampilkan, list nama penumpang bertebaran hingga cerita personal korban yang gak ada hubungannya sama kecelakaan pesawat. Ini jadi penyakit media mainstream dan media sosial kita dalam melihat bencana. Padahal menceritakan bencana perlu kepekaan empati dan etika jurnalisme bencana. 

Iya sih, content di media sosial gak masuk dalam kerja jurnalistik. Tapi setidaknya kita perlu mengikuti kaidah tersebut dalam menyebarkan berita bencana supaya tetap berempati terhadap korban Sriwijaya Air SJ 182. 

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation