Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Berkaca Dari Kasus Pelecehan Saat Rapid Tes, Ini Cara Menghindari Pelecehan di Ruang Publik

Ruang publik seperti sudah tidak ada rasa aman lagi kepada perempuan.  Ini cara menghindari pelecehan di ruang publik

Indra Dahfaldi  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Oknum petugas rapid test Covid-19 di Bandara Soekarno Hatta berinisial EFY ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan pelecehan terhadap seorang penumpang perempuan berinisial LHI. Ruang publik seperti sudah tidak ada rasa aman lagi kepada perempuan. Komisioner Purna Bakti Komnas Perempuan Thaufiek Zulbahary, mengatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan perempuan untuk menghindari pelecehan di ruang publik. Ini cara menghindari pelecehan

  • Bebaskan diri pelabelan dari negatif yang disematkan pada perempuan (dicap bahwa perempuan lemah, tidak akan melawan, perempuan selalu manut dan posisi di bawah/di belakang laki-laki, hanya berperan di ruang privat atau rumah tangga) sehingga posisi perempuan setara dengan laki-laki.
  • Penting untuk mengetahui jenis bentuk-bentuk kekerasan, yang mencakup kekerasan fisik, psikis, seksual, dan ekonomi. Bentuk-bentuk kekerasan tersebut dapat terjadi di semua ranah, termasuk di ruang publik, dan sering memanfaatkan ketimpangan relasi (kuasa) antara pelaku dan korban,
  • Komunikasi asertif bisa menguatkan perempuan ketika menghadapi situasi rentan dan terancam, antara lain mengatakan kepada terduga pelaku sudah melakukan kekerasan terhadap dirinya.
  • Lawan, Speak up!: Saat terancam, bisa memberi perlawanan, bisa dengan berteriak atau menyelamatkan diri dan mencari pertolongan.

Kasus pelecehan seksual yang dilakukan Oknum petugas rapid test Covid-19 kepada calon penumpang perempuan di Bandara Soekarno Hatta harus jadi perhatian pemerintah. Thaufiek mengatakan pemerintah harus melihat hal ini dengan serius.

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation