Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Toxic Friend Adalah Teman yang Gak Pernah Mendengarkan 

Toxic friend adalah mereka yang gak berusaha mengerti keadaan teman. Selalu berusaha mendominasi dan terus ngasih solusi fana. Kadang kita cuma butuh didengarkan aja

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

“Kita itu terlalu sering belajar public speaking, tapi gak banyak belajar jadi good listener,” 

- Adam Alfares Abednego, Co-Founder Menjadi Manusia

Kata-kata Adam belakangan relate dengan situasi saya terkait toxic relationship dalam pertemanan atau biasa disebut toxic friendship. Saya pribadi gak merasakan langsung toxic friend, tapi berasal dari cerita teman-teman saya. Masalahnya sih terdengar remeh cuma sangat mempengaruhi mental mereka dalam bergaul. Toxic friend adalah mereka yang gak mau mendengarkan keluh kesah kita yang cuma ingin didengarkan. Masih banyak lagi ciri teman toxic, kenali ciri-ciri dan cara menghadapinya. 

Pernyataan Adam saya dengar tahun lalu dalam kesempatan wawancara mengenai Menjadi Manusia platform pemberdayaan mental anak muda bentukannya. Namun, pernyataan itu mendadak muncul kembali di otak saya yang berisi debu sama kecoa ini. Saat beberapa kawan bercerita tentang pertemanannya yang sulit sekali berpihak pada mereka. At least, dengerin aja lah, jangan doi yang cerita mulu. 

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation