Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Publik Sulit Percaya Edukasi Perubahan Iklim

Akses belajar di internet makin terbuka, tetapi kenapa masyarakat justru sulit percaya dengan edukasi perubahan iklim atau COVID-19? Science sudah membuktikan loh.

Project Syndicate  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Dalam beberapa permasalahan, mayoritas ilmuwan telah mencapai kesepakatan, tapi sebagian besar masyarakat tidak yakin dengan kesepakatan tersebut sehingga terjadi kesenjangan konsensus. Sayangnya, banyak kesenjangan yang paling penting berhubungan dengan kelestarian alam. Ya, sebagian orang tidak merasa edukasi perubahan iklim sebagai hal yang penting.      

Misalnya, konsensus ilmiah tentang terjadinya perubahan iklim dan penyebabnya sudah lama dicapai. Tapi, sepuluh tahun yang lalu, hanya setengah dari masyarakat AS percaya bahwa pemanasan global disebabkan oleh aktivitas manusia (dan sepertiga masyarakat AS masih meragukan hal ini hingga kini). Hal yang sama juga terjadi ketika sebagian besar ilmuwan dan kelompok-kelompok ahli telah setuju bahwa makanan yang dimodifikasi secara genetik aman untuk dimakan, dan bisa berperan penting dalam membantu menyediakan makanan di dunia dan mengurangi emisi karbon dioksida. Tapi di sebagian besar negara, banyak orang berpikir bahwa makanan yang dimodifikasi secara genetik berbahaya bagi konsumen dan lingkungan. 

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation